Sarah, Siti (2022) Pemahaman siswa terhadap materi hormat kepada guru hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_ Cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ Abstrak.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftarisi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_ bab 1.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang baiknya akhlak siswa di sekolah padahal pada mata pelajaran pendidikan agama Islam terdapat materi pembelajran hormat kepada guru yang bertujuan agar siswa dapat meneladani dan mencontoh sikap hormat kepada siapapun terutama pada guru. Hal tersebut menarik untuk diteliti mengenai adakah hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi hormat kepada guru dengan akhlak mereka di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pemahaman siswa kelas VIII terhadap materi hormat kepada guru, 2) Akhlak siswa kelas VIII di SMPN 3 Cileunyi, 3) Hubungan pemahaman siswa terhadap materi hormat kepada guru dengan akhlak mereka kelas VIII SMPN 3 Cileunyi. Penelitian ini sesuai dengan kajian teoretis yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi akhlak diantaranya pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap teori-teori atau materi yang berhubungan dengan akhlak. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi hormat kepada guru dengan akhlak mereka di sekolah. Artinya semakin baik pemahaman siswa terhadap materi hormat kepada guru maka semakin baik pula akhlak siswa di sekolah begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Responden 40 siswa kelas VIII E SMPN 3 Cileunyi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Sementara analisis datanya menggunakan analisi persial, dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi hormat kepada guru berkategori sedang dengan perolehan skor 63,7 yang berada pada interval 60 – 69. 2) Realitas akhlak siswa kelas VIII di SMPN 3 Cileunyi berkategori baik dengan perolehan skor 4.09 yang berada pada interval 3.40 – 4.19. 3) Realitas hubungan pemahaman siswa terhadap materi hormat kepada guru dengan akhlak siswa di sekolah kelas VIII SMPN 3 Cileunyi berkategori sangat kuat dengan koefesien korelasi sebesar 2,58 yang berada pada interval 0,80 – 1,000. Adapun hasil uji signifikansi korelasi menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (3,04 > 2,024). Berdasarkan pengujian ini Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi hormat kepada guru dengan akhlak di sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman; Akhlak |
Subjects: | Education > Ethical Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Sarah |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 01:29 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 01:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54191 |
Actions (login required)
View Item |