Analisis sentimen moderasi beragama pada media sosial Twitter dengan algoritma Naive Bayes

Umar, Fathima (2022) Analisis sentimen moderasi beragama pada media sosial Twitter dengan algoritma Naive Bayes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover - Fathima Umar.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Topik Moderasi Beragama mengundang beragam respon dari masyarakat Indonesia, baik itu positif maupun negatif. Dari banyaknya respon ini dibutuhkan pengumpulan informasi terhadap kecenderungan tanggapan masyarakat agar selanjutnya dapat dijadikan acuan dalam mengambil suatu keputusan, oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan analisis sentimen terhadap Moderasi Beragama dengan sumber data Twitter dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes dan mengganti tahapan-tahapan yang sebelumnya dilakukan secara manual dengan bantuan tools baru seperti pada proses pelabelan data menggunakan Textblob, dan pada proses pengambilan data dengan menggunakan Netlytic. Pengujian dilakukan sebanyak empat kali dengan masing-rnasing rasio data uji : data latih yakni 90:10, 80:20, 70:30, dan 60:40. Data yang digunakan adalah tweet dengan kata kunci Moderasi dan Beragarna Menggunakan 2705 data, dengan 2220 data berlabel positif dan 481 data berlabel negatif. Berdasarkan hasil perhitungan analisis sentimen dengan Algoritma Naïve Bayes pada penelitian ini didapati bahwa tweet dengan label positif berjumlah 82,2% sementara tweet dengan label negatif berjumlah 17,8%. dengan rata-rata akurasi yang diperoleh mencapai 95,5%, nilai precission 91,25%, nilai recall 93,75%, dan f1-score 92,5%, oleh karena itu disimpulkan kecenderungan mayoritas masyarakat Indonesia yang menggunakan media sosial Twitter memiliki opini positif terhadap topik Moderasi Beragama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis sentimen; Naive Bayes; Moderasi Beragama
Subjects: Data Processing, Computer Science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Fathima Umar
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:38
Last Modified: 08 Aug 2022 01:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54681

Actions (login required)

View Item View Item