Dinazad, Faidhoh Hairozad Husna (2022) Pengaruh motivasi belajar dan persepsi santri terkait muwajahah terhadap prestasi belajar pada pelajaran ilmu nahwu pondok Pesantren Al-Ishlah Tajug. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_Bab1.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya prestasi belajar dalam suatu pelajaran merupakan hal yang umum dan sering terjadi dalam dunia pendidikan serta menjadi hal penting bagi pengajar dan tokoh pendidikan. Beberapa faktor yang melatarbelakangi rendahnya prestasi belajar antara lain motivasi belajar dan metode pembelajaran. Berdasarkan studi awal, ditemukan rendahnya prestasi belajar pada pelajaran ilmu nahwu santri pondok pesantren Al-Ishlah Tajug. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi santri terkait metode pembelajaran muwajahah terhadap prestasi belajar pada pelajaran ilmu nahwu. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis instrumen Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS 3 dan analisis data menggunakan uji linier berganda dengan Statictical Product and Service Solution (SPSS) versi 22 dengan sampel sebanyak 186 santri yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh secara simultan sebesar 17.5 % antara motivasi belajar dan persepsi santri terkait muwajahah terhadap prestasi belajar pada pelajaran ilmu nahwu pondok pesantren Al- Ishlah Tajug. Namun, secara parsial motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar pada pelajaran ilmu nahwu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar;persepsi;muwajahah;prestasi belajar |
Subjects: | Arabic Education > Psychology of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Faidhoh Hairozad Husna Dinazad |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 03:03 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 03:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54916 |
Actions (login required)
View Item |