Fitriani, Fatimah Nur (2022) Manajemen kinerja tenaga kependidikan: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kabupaten Bekasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (930kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan antara jumlah penduduk Indonesia dengan angka kesejahteraan yang masih rendah. Berdasarkan data yang tersedia di World Bank dikatakan bahwa pada tahun 2021 Indonesia menghasilkan 0,54 poin. Data tersebut menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan Indonesia masih rendah, yang berdampak pada ketimpangan-ketimpangan yang terjadi di Indonesia. Data tersebut menunjukkan kualitas sumberdaya di Indonesia masih dibawah negara-negara ASEAN. Untuk meningkatkan sumberdaya manusia tersebut, salah satu langkahnya yaitu pada pengelolaan di bidang pendidikan. Namun, pada kenyataannya pengelolaan pendidikan masih banyak yang kurang diperhatikan. Seperti contohnya, kurangnya perhatian terhadap pengembangan para tenaga administrasi, tenaga laboratorium, dan tenaga perpustakaan yang menyebabkan kinerja tenaga kependidikan menjadi kurang diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengelolaan manajemen kinerja tenaga kependidikan dengan harapan agar pengelolaan tenaga kependidikan dapat berjalan dengan baik sehingga kualitas pendidikan dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kabupaten Bekasi. Temuan hasil penelitian didapatkan bahwa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kabupaten Bekasi menerapkan manajemen kinerja sebagai berikut: pertama, tahap perencanaan yaitu menentukan tujuan, sdm dan waktu dalam menentukan target. Kedua, tahap pengelolaan yaitu melaksanakan program berdasarkan tujuan dan melakukan pengawasan dalam pelaksanaannya. Ketiga, tahap evaluasi yaitu mengidentifikasi hambatan untuk mengetahui kondisi kinerja pegawai. Keempat, yaitu pengembangan dengan melakukan koreksi dan penyesuaian bantuan yang diberikan. Faktor dalam keberhasilan manajemen kinerja adalah komunikasi yang efektif dalam melakukan pekerjaan, dan jika komunikasi dapat berjalan dengan baik maka kinerja dari pegawai akan menjadi baik dan memberikan hasil yang optimal. Untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang baik, maka pengelolaannya pun harus baik. Pengelola pendidikan, harus dapat bekerja dan mengelola lembaga pendidikan dengan kualitas yang baik pula. Manajemen kinerja dilakukan dengan 4 tahapan yaitu Perencanaan, Proses, Evaluasi dan Pengembangan. Dalam melakukan manajemen yang baik maka diperlukan komunikasi yang efektif dan efisien agar dapat terwujud sesuai dengan tujuan yang telah di tetapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Kinerja; Kependidikan |
Subjects: | Education, Research Education > Organization of Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Fatimah Nur Fitriani |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 01:30 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 01:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54938 |
Actions (login required)
View Item |