Wulandari, Riana Trisna (2022) Manajemen pembelajaran Project Based Learning dalam mengembangkan keterampilan abad 21 : Penelitian di Peacesantren Welas Asih Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (605kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
Abstract
Di era revolusi industry 4.0 pendidikan merupakan salah satu jembatan mencapai keterampilan abad 21 yang syarat digital. Pada era digital paradigm belajar yang ditekankan tidak hanya mencerdaskan ranah kognitif tetapi juga pada keterampilan kolaboratif, berpikir kritis, kreatif dan komunikatif. Model pembelajaran project best learning merupakan salah satu ciri model pembelajaran abad 21 yang mengakomodasi kebutuhan output pendidikan era digital. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis manajemen pembelajaran Project Based Learning dalam mengembangkan keterampilan Abad 21 di Peacesantren Welas Asih Garut. Beberapa hal yang diidentifikasi sesuai dengan rumusan yang telah ditentukan, sehingga tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan yang sudah diformulasikan sesuai teori. Adapun dalam proses manajemen Pembelajaran Project Based Learning yang dianalisis disini meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif metode deskriptif. Adapun untuk pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, display hingga verifikasi, dan terakhir data di absahkan melalui triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Pembelajaran Project Based Learning dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 di Peacesantren Welas Asih Garut meliputi perencanaan dengan penentuan tim guru pelaksana proyek dan rencana pembelajaran yang dibuat guru Peacesantren Welas Asih Garut. Kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran proyek menggunakan tools Design for Change dan penggabungan beberapa model pembelajaran (Game Based Learning, Experitial Learning) yang berpusat pada peserta didik. Selanjutnya evaluasi pembelajaran proyek Garut sudah sesuai dengan ketentuan penilaian kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka belajar yaitu dengan portofolio proyek menggunakan penilaian proses dengan cara mengamati kegiatan pembelajaran dan menggunakan rubrik penilaian keterampilan abad 21. Terakhir faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Project Based Learning dalam mengembangkan keterampilan abad 21 di Peacesantren Welas Asih Garut berasal dalam diri peserta didik, dari guru dan dari proses pembiayaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pembelajaran; Project Based Learning; Abad 21 |
Subjects: | Islam Education, Research Education and Research of History |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Riana Wulandari |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 05:03 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 05:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55209 |
Actions (login required)
View Item |