Komarullah, Tasya Aulia (2022) Pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantu Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5[1].pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbantu crossword puzzle terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi-eksperiment dengan desain nonequivalent control group, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yakni kelas XI IPA 4 sebagai eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kontrol dilaksanakan di MAN 3 Sukabumi. Instrumen yang digunakan yaitu soal pilihan ganda sebanyak 30 butir, lembar observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran TGT berbantu crossword puzzle berlangsung sangat baik dengan aktivitas guru sebesar 93% dan aktivitas siswa sebesar 90% menggunakan model TGT berbantu crossword puzzle pada materi sistem ekskresi. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dengan N-Gain sebesar 0,72 termasuk kategori tinggi dan kelas kontrol dengan N-Gain sebesar 0,52 termasuk kategori sedang. Hasil uji hipotesis statistik menggunakan SPSS versi 26 diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tiled) sebesar 0,0070,05 dengan demikian hipotesis diterima terdapat pengaruh model TGT berbantu crossword puzzle terhadap hasil belajar. Respon siswa terhadap proses pembelajaran model TGT memberikan respon positif diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,5% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model TGT berbantu crossword puzzle pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Crossword Puzzle; Hasil Belajar; Model TGT; Sistem Ekskresi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Tasya Aulia Komarullah |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 00:59 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 00:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55256 |
Actions (login required)
View Item |