Yuliani, Seruni Mega (2015) Bahasa Jurnalistik Media Online: Analisis Isi Bahasa Jurnalistik pada Rubrik News dan Lifestyle di Situs Okezone.com Edisi Desember 2014. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (552kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat khalayak berpindah dari media massa konvensional ke media massa moderen seperti internet. Berita/informasi hadir secara beragam mengikuti pesatnya perkembangan zaman. Inovasi terus dilakukan oleh perusahaan media massa agar tidak ditinggal oleh pembaca setianya. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah memindahkan informasi yang biasanya diberikan lewat tulisan/suara/audio-visual ke media internet yang multimedia. Keunggulan media online yang tidak tertandingi oleh media lain yakni sifat kecepatannya. Namun keunggulan ini sekaligus menjadi ancaman bagi media online, karena dengan mengutamakan kecepatan harus diimbangi dengan keakuratan, keefektifan, dan ketepatan ejaan. Okezone.com merupakan media massa online yang berada dibawah naungan PT. Media Nusantara Citra (MNC), salah satu perusahaan media terintegrasi yang di Indonesia dimiliki oleh Hary Tanoesoedibyo. Okezone.com juga menempati peringkat ke-30 dari 500 situs web terpopuler di Indonesia menurut Alexa.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keakuratan berita, keefektifan kalimat, dan ketepatan ejaan pada rubrik news dan lifestyle di situs Okezone.com. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi yang bersifat kuantitatif deskriptif yang digunakan untuk membedah muatan teks komunikasi yang bersifat manifest (nyata). Analisis isi sebagai metode yang sistematis mengikuti suatu proses tertentu. delapan tahapan dalam proses penelitian metode analisis isi, yaitu: merumuskan tujuan analisis, konseptualisasi dan operasionalisasi, lembar coding, populasi dan sampel, training atau pelatihan coder, proses coder, perhitungan reliabilitas final, input data dan analisis. Penelitian ini mengacu pada kategori keakuratan, keefektifan kalimat, dan ketepatan ejaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada 12 berita rubrik news dan lifestyle edisi Desember 2014 dapat disimpulkan. Pertama, berita yang di-posting Okezone.com dinilai memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi, semua berita memenuhi unsur yang ada dalam kategori keakuratan, kecuali berita nomor 12 karena tidak mencantumkan waktu dalam naskah berita yang merupakan salah satu unsur kategori keakuratan, dengan tingkat keakuratan 91%. Kedua, kalimat yang disusun dalam naskah berita memiliki tingkat keefektifan yang sangat tinggi, karena semua berita memenuhi unsur keefektifan kalimat, dengan tingkat keefektifan 100%. Ketiga, berita yang di-posting Okezone.com memiliki tingkat ketepatan ejaan yang sangat tinggi, karena seluruh unsur ejaan yang berlaku dapat dipatuhi dalam naskah berita, dengan tingkat ketepatan 100%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Jurnalistik; Media Online: Analisis Isi; News dan Lifestyle; Situs Okezone.com; 2014 |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 02:46 |
Last Modified: | 25 Jan 2018 02:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5534 |
Actions (login required)
View Item |