Herdhani, Imam Rifqi (2022) Pembuatan E-module berbasis inkuiri terbimbing pada materi mekanisme reaksi Aldehid dan Keton. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (269kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
Abstract
Pembuatan e-module berbasis inkuiri terbimbing pada materi mekanisme reaksi aldehid dan keton dilandasi dengan perlunya melengkapi media pembelajaran yang terdahulu sehingga dapat mengatasi kesulitan mahasiswa ketika menggambarkan mekanisme reaksi aldehid dan keton dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, uji validasi, dan uji kelayakan e-module berbasis inkuiri terbimbing pada materi mekanisme reaksi aldehid dan keton. Dalam penelitian ini menggunakan metode design based research (DBR) dengan tahapan analisis (pembuatan analisis konsep dan peta konsep, kisi kisi inkuiri terbimbing, tujuan pembelajaran, analisis jurnal yang relevan, dan penentuan software), desain (pembuatan flowchart, storyboard, dan video mekanisme reaksi aldehid dan keton), dan pengembangan (pembuatan aplikasi e-module, uji validasi, dan uji kelayakan). Hasil validasi terhadap aspek pembelajaran, substansi materi, tampilan dan navigasi, serta evaluasi dinyatakan valid dengan rhitung berturut-turut yaitu 0,773; 0,770; 0,779; dan 0,80. Hasil uji kelayakan didapatkan persentase sebesar 89,0%, 84,7%, 87,5%, dan 85,0% untuk aspek penyajian isi materi, tampilan dan navigasi, efisiensi, dan efektivitas. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kelayakan tersebut maka e-module dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi mekanisme reaksi aldehid dan keton.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri terbimbing; e-module; kemampuan berpikir kritis; mekanisme reaksi aldehid dan keton |
Subjects: | Education Organic Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Imam Rifqi Herdhani |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 06:19 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 06:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55500 |
Actions (login required)
View Item |