Zaman, Andri Yusuf Nur (2022) Analisis kemampuan abstraksi matematis siswa berdasarkan teori Bruner. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (489kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan abstraksi matematis merupakan salah satu ciri yang membedakan siswa yang memiliki kemampuan matematis dalam menggambarkan konsep matematis dalam sebuah permasalahan matematis. Dalam menyelesaikan masalah matematis enactive, iconic, dan symbolic pada siswa yang memiliki kategori abstraksi matematis yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan abstraksi matematis siswa pada soal enactive, iconic, dan symbolic berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penggunaan metode deskriptif ini dimaksudkan untuk menjelaskan setiap hasil data yang didapatkan. Hasil penelitian dari 30 subjek menunjukan bahwa kategori tinggi sebanyak 6 siswa, kategori sedang sebanyak 18 siswa dan siswa dengan kategori rendah sebanyak 6 siswa. Siswa yang memiliki kemampuan abstraksi kategori tinggi, sedang, dan juga rendah tidak semua dapat melalui tahapan abstraksi matematis berdasarkan teori Bruner pada soal enactive, iconic, dan symbolic. Hal ini menandakan bahwasannya siswa pada semua kategori kemampuan abstraksi matematis tidak dapat melalui tahapan abstraksi matematis berdasarkan teori Bruner. Masih banyak siswa kesulitan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan mengetahui proses abstraksi matematis berdasarkan teori Bruner, diharapkan dapat menjadi referensi bahwasannya proses abstraksi dapat memaksimalkan pembelajaran dan penyelesaian suatu masalah serta dapat memaksimalkan kemampuan yang dimiliki, terutama dalam Kemampuan Abstraksi Matematis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis; Kemampuan Abstraksi Matematis; Teori Bruner |
Subjects: | Mathematics Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Andri Yusuf Nur Zaman |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 03:30 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 06:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55717 |
Actions (login required)
View Item |