Siswadi, Ilyasa Mochammad Rifqi (2022) Implementasi manajemen krisis Dinas Kesehatan Kota Bandung untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap vaksin covid-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen krisis merupakan upaya yang dilakukan oleh suatu instansi yang sedang tertimpa suatu masalah, ataupun musibah, yang mengancam keberlangsungan serta kelancaran operasional suatu instansi. Seorang humas, dalam hal manajemen krisis memiliki peran vital menjadi penasihat bagi para top management untuk bisa mengambil keputusan terkait langkah apa saja yang akan diambil dalam rangka menyelamatkan peruashaan dari krisis yang menimpa perusahaan. Dinas Kesehatan Kota Bandung, tengah melakukan berbagai upaya untuk bisa keluar dari krisis kepercayaan publik dari masyarakat pada vaksin covid-19 yang beredar luas di Indonesia pada saat ini. Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam situasi seperti saat ini menampakkan eksistensinya dalam upaya penanganan krisis dengan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk terus mengedukasi masyarakat agar mereka kembali percaya dan mau menerima vaksin covid-19.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen krisis yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam rangka upaya mengembalikan kepercayaan publik pada vaksin covid-19 dengan mengacu pada konsep four steps public relations yang di kemukakan oleh Cutlip, Center, dan Broom, yang didalamnya terdiri dari penemuan fakta di lapangan (fact finding), perencanan dan pemrograman (planning and programming), melakukan aksi dan komunikasi (taking action and communication), dan evaluasi (evaluating).Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Selain itu, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma konstruktivisme, dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa manajemen krisis dalam upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat pada vaksin covid-19 sesuai dengan konsep four steps public relations yaitu pertama tahap pencarian dan pengumpulan, data, serta evaluasi melalui pengumpulan perubahan opini publik, kedua adalah tahap perencanaan dan pemrograman yang melputi perencanaan penanganan isu negatif, ketiga adalah mengambil langkah dan komunikasi melalui penyebaran informasi untuk mengedukasi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Krisis; Kepercayaan Publik; Hubungan Masyarakat |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Ilyasa Mochammad Rifqi |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 08:29 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 08:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57101 |
Actions (login required)
View Item |