Purbaningrum, Afifah (2022) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Negeri 5 Menara dan relevansinya terhadap pembelajaran PKN di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4. DAFTAR IS.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
5. DAFTAR TABEL.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
6. BAB I.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
7. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
8. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
9. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
10. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah meningkatnya penyimpangan moral dan kenakalan yang dilakukan oleh peserta didik. Hal tersebut menunjukkan bahwa peran pendidikan menjadi salah satu yang krusial dalam pembentukan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran PKn di sekolah. Dengan pembiasaan karakter di sekolah yang baik, membuat peserta didik dapat melakukan pembiasaan karakter tersebut di lingkungan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel Negeri 5 Menara dan mendeskripsikan relevansinya dengan materi pembelajaran Pkn di MI. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Data primer yang digunakan adalah novel dari Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Mengenai teknis pengumpulan data yang akan digunakan adalah dengan metode dokumen analisis dengan beberapa tahapan yaitu, membaca novel secara keseluruhan, menandai, mencatat dan mengelompokan ke dalam 18 nilai pendidikan karakter. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pembacaan hermeneutika. Hasil penelitian adalah: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam Novel Negeri 5 Menara memiliki 18 nilai karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. 2) Relevansinnya di dalam nilai pendidikan karakter dalam Novel Negeri 5 Menara yang terkait di dalam materi pembelajaran PKn dan disesuaikan di dalam KI KD. Selanjutnya ditemukan 18 nilai pendidikan karakter yang berdasarkan relevansinnya dengan materi pembelajaran PKn yang sesuai dengan KI KD, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai-nilai pendidikan karakter; analisis novel; analisis KI KD mata pelajaran PKn |
Subjects: | Education Education > Psychology of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Afifah Purbaningrum |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 04:26 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 04:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57352 |
Actions (login required)
View Item |