Penerapan model RADEC untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi Ekspositoris pada siswa kelas V MI : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Al-Misbah

Rahmawati, Tia (2022) Penerapan model RADEC untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi Ekspositoris pada siswa kelas V MI : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Al-Misbah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada kelas V MI Al-Misbah Kota Bandung, yakni rendahnya kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa, yang dibuktikan dengan belum tercapainya siswa dalam menguasai kemampuan tersebut dengan nilai masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM pada pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini terjadi, karena siswa kurang dalam kegiatan membaca dan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvesional sehingga membuat siswa kurang menguasai kemampuan menulis.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa sebelum penggunaan model pembelajaran RADEC, aktivitas belajar siswa dalam diterapkannnya model pembelajaran RADEC, dan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa setelah menggunakan model pembelajaran RADEC. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa ialah kemampuan menulis. Dan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin meningkat, maka siswa dituntut untuk berpikir inovatif dan kreatif, terutama pada siswa Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah yang akan meneruskan generasi selanjutnya. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua tindakan dan empat tahapan berulang, yaitu perencanaa, pelaksnaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Misbah yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika diterapkannya model pembelajaran RADEC, aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklus dan tindakannya. Nilai rata-rata siswa dari pra siklus sebesar 31,90 dan persentase ketuntasan belajar klasikal 4,76% dengan kategori kurang, pada siklus I tindakan I memperoleh nilai rata-rata sebesar 55 dan persentase ketuntasan belajar 6,66% dengan kategori kurang, pada siklus I tindakan II memperoleh nilai rata-rata sebesar 55,51 dan persentase ketuntasan klasikal 24,13% dengan kategori kurang, pada siklus II tindakan I memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,58 dan persentase ketuntasan klasikal 75,86% dengan kategori cukup, dan pada siklus II tindakan II memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,18 dan persentase ketuntasan klasikal 85,18% dengan kategori baik. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas V MI Al-Misbah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; bahasa Indonesia; narasi ekspositoris
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tia Rahmawati
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:37
Last Modified: 21 Sep 2022 05:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57559

Actions (login required)

View Item View Item