Mahmudah, Lilis (2022) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Darussalam Kunir Desa Simpar Cipunagara Subang tahun 2010-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover-1.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-1.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-1.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1-1.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2-1.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3-1.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4-1.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka-1.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
Abstract
Pondok pesantren merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang berdiri di tengah masyarakat Indonesia. Dalam perjalanan sejarahnya, pondok pesantren pernah besar dan jaya di masa lalu. Seperti dikemukakan oleh beberapa para pengamat, pondok pesantren menyimpan potensi untuk menjadi inti kristalisasi bagi identitas budaya pedesaan. Pada fungsinya pondok pesantren dipandang sebagai media transformasi kultural, bahkan pondok pesantren disikapi sebagai wujud manifestasi spiritual bangsa Indonesia. Pondok pesantren menyebar luas di tengah-tengah masyarakat Indonesia dengan beberapa tipe seperti salafi dan khalafi (modern). Seperti salah satu pondok pesantren Darussalam Kunir yang berbasis khalafi (modern) yang juga merupakan salah satu pondok alumni Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor. pondok pesantren juga tidak dapat berdiri tiba-tiba ditengah masyarakat, akan tetapi dibalik itu semua pondok pesantren memiliki sejarah serta cerita didalamnya seperti bagaimana perkembangan dan kontribusinya di masyarakat. Dengan begitu penelitian ini akan membahas mengenai Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Darussalam Kunir Desa Simpar Cipunagara Subang Tahun 2010-2021. Dalam penelitian skripsi ini, akan membahas tentang latar belakang berdirinya pondok pesantren Darussalam Kunir, proses perkembangan Pondok pesantren yang dimulai dari lembaga Pendidikan, sarana dan prasarana, pola Pendidikan pesantren, struktur organisasi serta kegiatan pesantren dan kontribusi yang dimiliki pesantren terhadap masyarakat sekitar seperti dalam bidang Pendidikan, keagamaan dan sosial. Metode yang penulis gunakan untuk penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian sejarah yang mana metode penelitan sejarah memiliki empat tahapan diantaranya; pertama tahapan heuristik yaitu pengumpulan data dan sumber, kedua tahapan kritik, ketiga tahapan interpretasai, dan yang keempat tahapan historiografi. Jenis pengumpulan sumber dan data, penulis lansung terjun ketempat pondok pesantren Darussalam Kunir berada yakni tepatnya di desa Simpar, sumber primer berupa observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai sejarah serta perkembangan yang terjadi. Hasil dari penelitian ini penulis memaparkan latar belakang berdirinya pondok pesantren, perkembangan pondok pesantren yang dimulai dari lembaga Pendidikan, sarana dan prasarana, pola Pendidikan, struktur organisasi pesantren, kegiatan keseharian sampai tahunan pesantren dan kontribusi pesantren terhadap masyarakat desa Simpar dan sekitarnya seperti dalam bidang Pendidikan, keagamaan, dan sosial masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah Perkembangan; Kontribusi; Pondok Pesantren Darussalam Kunir |
Subjects: | Islam > Islamic History Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Lilis Mahmudah |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 01:26 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 01:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57682 |
Actions (login required)
View Item |