Satriani, Seni Silvia (2022) Tafsir Alquran di media sosial: Analisis penafsiran alquran pada Instagram Agriquran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
Abstract
Latarbelakang penelitian ini bermula pada keilmuan Alquran yang berkembang secara dinamis yang disebabkan oleh kemajuannya teknologi informasi saat ini. Didukung dengan kondisi pasca pandemi Covid-19 yang membuat perubahan yang begitu besar pada peranan media. Namun, berhubung banyaknya media yang dimunculkan pada era teknologi informasi saat ini, penulis mengkhususkan Media Sosial pada Instagram agriquran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapati pendekatan sumber dan metode tafsir Alquran yang digunakan pada akun Instagram agriquran dalam mengkaji Alquran; Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam Keterlibatan Instagram pada Tafsir Alquran. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi dan analisis wacana kritis milik Van Djik yang berusaha menelaah kajian fenomena tafsir Alquran di media sosial secara kognisi sosial dengan ditambahi kerangka teori (1) Nadirsyah Hosen yang menyatakan bahwa, Kini dalam era media sosial, Pengajian Islam dan Alquran dapat diperoleh dimana saja dari berbagai aplikasi yang digunakan mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp Group, sampai Telegram Channel. (2) Teori media milik Marshall Mc Luhan Medium is the Message, untuk melihat peran sebuah media dalam kajian tafsir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan tafsir di media sosial ini cenderung bersifat praktis, yang berarti berusaha untuk mengungkapkan permasalahan yang terjadi di masyarakat (menggunakan pendekatan adaby Al ijtimai). Ayat yang ditampilkan berbentuk teks yang divisualisasikan dengan gambar-gambar yang mendukung. Melihat media ini berbasis internet yang memberikan kecepatan dalam akses penyebaran informasi, sehingga dapat memudahkan penghantaran keilmuan Alquran kepada masyarakat lebih luas, dibalik itu terdapat juga dampak negatif yang terjadi, diantaranya kelemahan umat islam pengguna media untuk memfilter mana yang benar dan salah dan lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tafsir; Media Sosial; Instagram; Agriquran |
Subjects: | Islam > Da'wah Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Seni Silvia Satriani |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 08:48 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 08:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58406 |
Actions (login required)
View Item |