Penerapan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan selai dari limbah kulit buah-Buahan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa

Fitriyana, Rifka Anisya Nur (2022) Penerapan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan selai dari limbah kulit buah-Buahan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penerapan Lembar Kerja Berbasis Proyek pada Pembuatan Selai dari Limbah Kulit Buah-Buahan untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Lembar Kerja (LK) diperlukan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa terutama pada koloid dengan memanfaatkan bahan yang ada di lingkungan sekitar siswa salah satunya yaitu limbah buah-buahan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LK berbasis proyek dan menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa setelah pembelajaran dengan menerapkan LK berbasis proyek pembuatan selai dari limbah kulit buah-buahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain penelitian One Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah siswa XI IPA SMA Ma’arif Pacet Cianjur dengan jumlah 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa pada setiap tahap pembelajaran dengan menerapkan LK berbasis proyek mencapai 92.7 dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata tertinggi yang dicapai yaitu pada tahap melaksanakan penelitian dengan nilai 100 memiliki interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata terendah pada tahap mengidentifikasi masalah yaitu 71.8 dengan interpretasi baik. Keterampilan berpikir kreatif siswa setelah penerapan LK berbasis proyek mengalami perkembangan dengan nilai rata-rata 84.5 memiliki interpretasi sangat baik. Indikator Keterampilan berpikir kreatif yang mendapatkan nilai rata-rata tertinggi yaitu indikator orisinality dengan nilai 92.8 memiliki interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata terendah yaitu indikator elaboration dengan nilai 83.6 memiliki interpretasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan LK berbasis proyek dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa terutama pada materi yang bersifat aplikatif yang menggunakan bahan pada kehidupan sehari-hari dalam pembuatan sebuah produk. ENGLISH : Application of Project-Based Worksheets on Making Jam from Fruit Peel Waste to Develop Students' Creative Thinking Skills. Worksheets (LK) are needed to develop students' creative thinking skills, especially on colloids by utilizing materials that are in the environment around students, one of which is fruit waste. fruit. The purpose of this study was to analyze students' ability to complete project-based worksheets and analyze students' creative thinking skills after learning by applying project-based worksheets to make jam from fruit peel waste. The research method used is pre-experimental with One Shot Case Study research design. The subjects of this study were students of XI IPA SMA Ma'arif Pacet Cianjur with a total of 29 people. The results showed that students' abilities at each stage of learning by applying project-based worksheets reached 92.7 with very good interpretations. The highest average value achieved at the stage of carrying out research with a value of 100 has a very good interpretation. The lowest average value at the problem identification stage is 71.8 with a good interpretation. Students' creative thinking skills after the implementation of project-based worksheets developed with an average score of 84.5 having a very good interpretation. The indicator of creative thinking skills that got the highest average value, namely the originality indicator with a value of 92.8 had a very good interpretation. The lowest average value, namely the elaboration indicator with a value of 83.6, has a very good interpretation. Based on the results of the research, the application of project-based worksheets can develop students' creative thinking skills, especially on materials that are applicable to using materials in everyday life in making a product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: LK berbasis proyek;selai;limbah buah-buahan;koloid; keterampilan berpikir kreatif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rifka Anisya Nur Fitriyana
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:19
Last Modified: 04 Oct 2022 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58735

Actions (login required)

View Item View Item