Wardhani, Putri Rahaditya (2022) Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal kemampuan koneksi matematis berdasarkan teori Newman. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK .pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi .pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I .pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V ..pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ DAFTAR PUSTAKA..pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menyelesaikan soal kemampuan koneksi matematis berdasarkan Teori Newann. Metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrument yang berupa soal tes dan bukan tes seperti wawancara. Pelaksanaan tes diikuti oleh enam siswa dari 30 siswa yang ada dikelas kelas IX SMPN 11 Tambun Selatan. Teknis analisis data menggunakan reduksi data. Penyajian data, dan penarikan nilai akhir. Diperoleh temuan bahwa analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita yang mengandung kemampuan koneksi matematis dimana subjek penelitian Berdasarkan prosedur dalam menyelesaikan soal cerita yang mengandung kemampuan Koneksi Matematis siswa, siswa penelitian sebanyak 33% melakukan kesulitan membaca soal, 66,6% melakukan kesulitan memahami masalah, 66,6% melakukan kesulitan transformasi, 50% melakukan kesulitan keterampilan proses dan 83% melakukan kesulitan penulisan jawaban, hal ini terjadi karena siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, dan tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal cerita, seiring dengan terjadinya kesalahan ini, dapat disebabkan juga oleh siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep matematika. Subjek pada penelitian ini memiliki nilai rata rata yang bernilai 55, dimana hal tersebut menunjukkan bahwa hasil nilai rata- rata siswa belum mencapai KKM, karena KKM yang harus didapatkan adalah bernilai 68, sejalan dengan hasil yang didapatkan maka dapat dikatakan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa masih berada dibawah standar KKM siswa yang memiliki kemampuan tinggi merasakan kesulitan pada keterampilan proses dan penulisan jawaban, siswa pada kemampuan sedang mengalami kesulitan dalam memahami soal dan keterampilan proses, sedangkan siswa pada kemampuan rendah mengalami kesulitan pada memahami soal dan penulisan jawaban. Dalam pembelajaran online, siswa banyak mengalami kecemasan dalam memahami materi dan kendala pada fasilitas internet
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesulitan, Teori Newman, kemampuan koneksi matematis; |
Subjects: | Analysis, Theory of Functions > Analysis and Calculus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri Rahaditya Wardhani |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 08:10 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 08:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59073 |
Actions (login required)
View Item |