Supardi, Edi (2022) Internalisasi nilai keberagamaan bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Cianjur. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (cover)
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text (bab 2)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
||
Text (bab 3)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
||
Text (bab 4)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
||
Text (bab 5)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
||
Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
Abstract
Para Narapidana yang di bina dalam jangka waktu tertentu tidak mau menyadari kesalahan dan mengulangi kejahatannya, ada yang melarikan diri dari penjara, bunuh diri, tawuran, menjadi pengedar narkoba, pelecehan seksual, pencurian dengan tindak kekerasan setelah keluar serta melakukan pembunuhan. Faktor-faktor tersebut tentu saja tidak sinkron dengan pembinaan yang sudah dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis; 1) internalisasi nilai-nilai keberagamaan di Lembaga Pemasyrakatan 2) proses internalisasi yang di lakukan di Lembaga Pemasyarakatan; 3) capaian proses internalisasi; 4) faktor pendukung dan penghambat; Penelitian ini berangkat dari teori yang menyatakan bahwa internalisasi nilai menjadi faktor penting dalam mewujudkan keberagamaan individu. Keberagamaan individu dapat ditunjang dengan proses pendidikan. Pendidikan untuk narapidana pada penelitian ini diharapkan dapat mencapai tujuan dengan optimalisasi pembelajaran bagi mereka berupa internalisasi nilai untuk keberagamaan. Narapidana yang dididik dapat kembali menyadari kesalahan dengan memperbanyak pengetahuan agama dan perilaku kebaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Internalisasi nilai-nilai keberagamaan di lembaga pemasyarakatan Cianjur, yaitu;saling hormat dan toleran,puasa senin kamis,sholat berjamaah, sholat duha,tadarus al-quran,istigosah Kedua, Proses pendidikan dari dirinya sendiri (self- education); dan kedua, pendidikan orang lain (education by another); Ketiga, capaian proses internalisasi yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan melalui dua cara yaitu kepribadian dan kemandirian; Keempat, faktor pendukung pembelajaran pendidikan agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Cianjur yaitu; adanya kerjasama dengan tokoh masyarakat, Majlis Ulama Indonesia, Pemerintah Daerah, Kementerian Agama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu problem pembinaan tindak lanjut bagi alumni pesantren, kurangnya dukungan masyarakat terhadap santri yang sudah bebas, kesejahteraan Asatid dan masih minimnya sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi Nilai; Keberagamaan; Narapidana; Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Cianjur |
Subjects: | Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Haris Maiza Putra |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:18 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 02:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59262 |
Actions (login required)
View Item |