Pengembangan software swishmax untuk meningkatkan kemampuan berfikir geometri dan kemandirian belajar siswa

Huda, M Rifki Rifatul (2022) Pengembangan software swishmax untuk meningkatkan kemampuan berfikir geometri dan kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini di dasari oleh masalah yaitu belum adanya media pembelajaran yang menarik yang digunakan oleh guru dan anggapan siswa bahwa pelajaran matematika masih harus di tuntut dari sisi penggunaan media. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan software swishmax yang berkualitas dilihat dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-huda Arjasari pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil pengembangan diperoleh tahap analisis yaitu analisis kurikulum, materi, teknologi dan laboratorium ujicoba. Pada tahap desain diperoleh penyusunan alur materi pembelajaran, garis-garis besar isi dan tampilan media. Pada tahap pengembangan dilakukan pengembangan media pembelajaran dan penilaian aspek kevalidan. Pada tahap implementasi dilakukan ujicoba dalam kelas pembelajaran dan tes. Tahap evaluasi dilakukan analisis kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan software swishmax yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran dikatakan valid berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan media menunjukkan nilai sebesar 57,30 dan 72,50 yang termasuk kategori “sangat valid”. Media pembelajaran dikatakan praktis berdasarkan angket kepraktisan siswa menunjukkan nilai sebesar 40,78 yang termasuk kategori “sangat praktis”. Media pembelajaran dikatakan efektif berdasarkan persentase ketuntasan siswa sebesar 89,28% yang dikategorikan sangat efektif. Media pembelajaran yang dikembangkan disimpulkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika; software swishmax; ADDIE
Subjects: Algebra > Algebra Combined with Other Brances
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: M Rifki Rifatul Huda
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:17
Last Modified: 07 Oct 2022 02:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59272

Actions (login required)

View Item View Item