Huda, M Rifki Rifatul (2022) Pengembangan software swishmax untuk meningkatkan kemampuan berfikir geometri dan kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka (1).pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
Abstract
Penelitian ini di dasari oleh masalah yaitu belum adanya media pembelajaran yang menarik yang digunakan oleh guru dan anggapan siswa bahwa pelajaran matematika masih harus di tuntut dari sisi penggunaan media. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan software swishmax yang berkualitas dilihat dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-huda Arjasari pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil pengembangan diperoleh tahap analisis yaitu analisis kurikulum, materi, teknologi dan laboratorium ujicoba. Pada tahap desain diperoleh penyusunan alur materi pembelajaran, garis-garis besar isi dan tampilan media. Pada tahap pengembangan dilakukan pengembangan media pembelajaran dan penilaian aspek kevalidan. Pada tahap implementasi dilakukan ujicoba dalam kelas pembelajaran dan tes. Tahap evaluasi dilakukan analisis kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan software swishmax yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran dikatakan valid berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan media menunjukkan nilai sebesar 57,30 dan 72,50 yang termasuk kategori “sangat valid”. Media pembelajaran dikatakan praktis berdasarkan angket kepraktisan siswa menunjukkan nilai sebesar 40,78 yang termasuk kategori “sangat praktis”. Media pembelajaran dikatakan efektif berdasarkan persentase ketuntasan siswa sebesar 89,28% yang dikategorikan sangat efektif. Media pembelajaran yang dikembangkan disimpulkan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Matematika; software swishmax; ADDIE |
Subjects: | Algebra > Algebra Combined with Other Brances |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | M Rifki Rifatul Huda |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 02:17 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 02:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59272 |
Actions (login required)
View Item |