Nurasiah, Imas (2014) Manajemen Pengembangan Kompetensi Pedagogik Tenaga Pendidik Madrasah : Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Muthohhar Legok Plered Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BABI.pdf Download (407kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena yang muncul di Madrasah Aliyah Al-Muthohhar Plered Purwakarta, yakni keberdaan tenaga pendidik yang belum memiliki kesetaraan jenjang S1 dan ketidak sesuaian dengan mata diklat yang disampaikan, dengan begitu akan menimbukan problematika dalam manajemen pengembangan kompetensi pedagogik tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: latar alamiah, perencanaan pengembangan kompetensi pedagogik tenaga pendidik, pelaksanaan pengembangan kompetensi pedagogik tenaga pendidik, penilaian/evaluasi pengembangan kompetensi pedagogik tenaga pendidik, faktor penunjang, penghambat pengembangan kompetensi pedagogik tenaga pendidik dan keberhasilan yang dicapai dari manajemen pengembangan kompetensi pedagogik tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Al-Muthohhar Legok Plered Purwakarta. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa manajemen pengembangan kompetensi pedagogik tenaga pendidik sangat menentukan tingkat kemampuan bagi guru dalam melaksanakan fungsinya. Dengan kata lain bahwa pengetahuan, keterampilan, pengalaman, wawasan dan prestasi yang dihasilkan dari peserta didik didasari dengan adanya suatu usaha lembaga dalam melaksanakan manajemen pengembangan kompetensi pedagogik tenaga pendidik, maka akan menghasilkan kepuasan secara sendirinya bagi lembaga tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dan data tertulis serta prilaku yang dapat diamati yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan teknik dokumentasi atau menyalin. Analisis penelitian dilakukan dengan kategorisasi data, dan penafsiran data. Adapun keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, dan uraian rinci. Dari hasil penelitian dan data yang telah didapatkan dari manajemen kompetensi pedagogik di Madrasah Aliyah Al-Muthohhar, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: perencanaan pengembangan kompetensi pedagogik tenaga pendidik, kepala sekolah senantiasa berusaha untuk mengirim dan mengdakan pelatihan, adanya profesi secara reguler, kemudian menyediakan sarana prasarana bagi tenaga pendidik. Adapun pelaksanaan manajemen pengembangan kompetensi pedagogik tenaga pendidik meliputi delapan aspek yang diantaranya: wawasan atau landasan kependidikan pemahaman terhadap karakteristik peserta didik, pengembangan kurikulum bagi tenaga pendidik, perancangan pembelajaran tenaga pendidik, kemampuan teknologi tenaga pendidik, evalusi hasil pembelajaran tenaga pendidik terhadap peserta didik dan penilaian dilakukan secara rutin. Keberhasilan dari manajemen pengembangan kompetensi pedagogik tenaga pendidik dalam segi prestasi siswa dan peningkatannya sertifikasi tenaga pendidik, peningkatan CPNS, dan peningkatan kpropesionalan tenaga pendidik dan jenjang pendidikan guru serta banyaknya siswa dan tenaga pendidik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 08:20 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 08:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5929 |
Actions (login required)
View Item |