Nabilla, Nida (2022) Pengembangan E-Modul berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transferring) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Elastisitas dan hukum Hooke. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan pengembangan e-modul berbasis REACT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas dan hukum hooke. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) kelayakan e-modul berbasis REACT, 2) keterlaksanaan model pembelajaran REACT dengan menggunakan e-modul, 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan 4) respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul berbasis REACT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) yaitu model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Pengembangan e-modul berbasis REACT layak digunakan dalam pembelajaran, berdasarkan kelayakan isi sebesar 86%, kelayakan penyajian sebesar 92%, dan kelayakan Bahasa sebesar 87%. Rata-rata persentase kelayakan e-modul berbasis REACT memperoleh nilai sebesar 89% dengan kategori sangat layak; 2) keterlaksanaan pembelajaran selama tiga pertemuan dengan menggunakan e-modul berbasis REACT berlangsung sangat efektif dengan persentase rata-rata sebesar 81%; 3) Berdasarkan analisis nilai n-gain diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan e-modul berbasis REACT sebesar 0,7 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat simpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan e-modul berbasis REACT; 4) respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul berbasis REACT memperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul; Elastisitas dan Hukum Hooke; Kemampuan Berpikir Kritis; REACT |
Subjects: | Education Natural Science Physics > Data Processing and Analysis of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nida Nabilla |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 05:29 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 05:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59290 |
Actions (login required)
View Item |