Husniyah, Rohmatul (2022) Pengembangan media pembelajaran majalah elektronik Fisika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (375kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh peserta didik. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih termasuk kategori rendah dan guru masih menggunakan media konvensional dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan media majalah elektronik fisika ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat kelayakan media majalah elektronik fisika, 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media majalah elektronik fisika, 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X MIPA 3 MAN 2 Kabupaten Bandung pada materi usaha dan energi. Subjek penelitian uji coba pengembangan media majalah elektronik fisika berjumlah 32 orang peserta didik. Hasil penelitian meliputi: 1) Pengembangan media majalah elektronik fisika menggunkan metode R&D (Research & Development) dengan langkah-langkah ADDIE mendapatkan hasil kelayakan dari ahli media, ahli materi, dan guru fisika sebesar 80,35 % dengan kategori sangat baik, 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media majalah elektronik fisika mendapatkan presentase sebesar 73,3 % dengan kategori efektif, 3) Penggunaan media majalah elektronik fisika pada materi usaha dan energi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah media pembelajaran majalah elektronik fisika mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran majalah elektronik fisika; Kemampuan pemecahan masalah; usaha dan energi; |
Subjects: | Physics > Instrumentation of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rohmatul Husniyah |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 06:01 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 06:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59345 |
Actions (login required)
View Item |