Pengaruh pendidikan politik terhadap tingkat partisipasi politik peserta Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di kabupaten Bandung

Lisnawati, Sintia (2022) Pengaruh pendidikan politik terhadap tingkat partisipasi politik peserta Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Sintia Lisnawati. NIM 1188040066. 2022: Pengaruh Pendidikan Politik Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Peserta Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di Kabupaten Bandung. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mempunyai sarana pendidikan politik untuk meningkatkan pengetahuan politik masyarakat tentang pengawasan. Salah satu pendidikan politik yang diadakan oleh Bawaslu adalah Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP). Pendidikan politik bukanlah sarana yang outputnya hanya mengetahui saja tapi melebihi itu harus ada implementasi yang dilakukan peserta setelah mengikuti kegiatan pendidikan politik. Di Kabupaten Bandung sendiri terhitung dari tahun 2018 sampai tahun 2020 ada sebanyak 195 orang yang telah mengikuti kegiatan SKPP dan telah terlibat dalam Pilkada Kabupaten Bandung Tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengaruh antara pendidikan politik terhadap tingkat partisipasi politik peserta Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) pada pelaksanaan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan dua teori pertama mengenai pendidikan politik dalam Kartini Kartono (1996) dan kedua mengenai partisipasi politik dalam Ramlan Surbakti (2007). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun responden yang dinyatakan sesuai dengan sampel yang telah ditentukan adalah sebanyak 66 (enam puluh enam) responden. Dalam pengujian penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan Koefisien Determinasi. Dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa Pendidikan Politik berpengaruh terhadap Partisipasi Politik. Hal ini di tunjukan dengan bahwa nilai sig (sigifikansi) dari variabel Pendidikan Politik (X) adalah sebesar 0.000. Nilai ini berada dibawah nilai 0,05 (<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial Pendidikan Politik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Partisipasi Politik. Berdasarkan Besarnya angka Koefisien Determinasi sebesar 0,376 atau sebesar 37,6%. Angka tersebut berarti bahwa sebesar 37,6% Partisipasi Politik (Y) yang terjadi dapat dijelaskan oleh variabel Pengetahuan Politik (X).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Politik; Partisipasi Politik; Sekolah Kader Pengawas Partisipatif; Pilkada
Subjects: Political dan Government Science > Education of Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Sintia Lisnawati
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:32
Last Modified: 07 Oct 2022 01:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59360

Actions (login required)

View Item View Item