Lajuardhie, Hilman (2022) Kendali stabilitas kemudi pada kendaraan listrik otonom roda tiga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
9_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu sistem yang memiliki peran penting dalam pengoperasian kendaraan adalah sistem kemudi. penelitian ini membahas mengenai perancangan serta analisis sistem kemudi untuk kendaraan listrik dengan konfigurasi tiga roda. Sistem kemudi menggunakan motor Brushless Direct Current (BLDC) yang digabungkan dengan roda gigi yang terhubung secara berurutan. Menetapkan sistem kemudi untuk melakukan arah defleksi yang tepat saat sedang mengemudi sangatlah penting. Oleh karena itu, mekanisme kendali otomatis harus diterapkan untuk mengatur stabilitas kemudi. Algoritma PID diterapkan untuk melakukan kendali stabilitas kemudi pada penelitian ini dengan bantuan metode tuning kendali yang dilakukan oleh Ziegler-Nichols II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode ini maka sistem dapat mencapai posisi yang tepat pada defleksi roda kemudi. Selain itu, metode ini juga dapat digunakan untuk mendukung kemampuan otonom pada kendaraan. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan metode Ziegler-Nichols II didapat koefisien PID dengan Kp = 34, Ki = 0,2, dan Kd = 9,92 memiliki respon yang cukup cepat serta menghasilkan kestabilan yang tinggi bagi sistem kemudi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendali; PID; Kemudi; Stabilitas; Ziegler-Nichols; |
Subjects: | Systems > Theory of Communication and Control Applied Physics > Electrical Engineering Other Branches of Engineering > Motor Land Vehicles and Cycles Engineering Other Branches of Engineering > Automatic Control Engineering |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro |
Depositing User: | Hilman Lajuardhie |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 03:49 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 03:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59433 |
Actions (login required)
View Item |