Zahroh, Hilma Fatimatul (2022) Nilai-nilai moderasi beragama perspektif Nurcholis Madjid dalam pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh beberapa peristiwa konflik yang terjadi di Indonesia. Hal demikian menunjukkan rentannya masyarakat yang plural mengalami ketegangan dan konflik. Moderasi beragama merupakan suatu sikap untuk mewujudkan kerukunan antar pemeluk agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan moderasi beragama perspektif Nurcholish Madjid yang meliputi (1) pengertian dan konsep moderasi beragama secara umum (2) nilai-nilai moderasi beragama perspektif Nurcholish Madjid, (3) penanaman nilai-nilai moderasi beragama perspektif Nurcholish Madjid dalam Pendidikan Islam. Pendidikan merupakan bagian dari alat untuk mengontrol sosial. Sehingga suatu problem sosial merupakan bagian penting untuk diperhatikan. Termasuk dengan ketegangan dan konflik yang berkaitan dengan agama. Moderasi beragama dalam pendidikan Islam diharapkan mampu mendorong adanya harmonisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Nurcholish Madjid sebagai seorang tokoh pembaharu pemikiran di Indonesia terkenal konsen dangan kajian keislaman dan keindonesiaan. Penelitian ini mencoba menelusuri jejak pemikiran Nurcholish Madjid mengenai modersi beragama dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian ini didapat beberapa kesimpulan, diantaranya; (1) Moderasi beragama merupakan suatu konsep kesadaran multikultural antar pemeluk beragama untuk mewujudkan keharmonisan masyarakat. (2) Moderasi beragama perspektif Nurcholish Madjid memiliki beberapa nilai-nilai, yakni spirit tauhid dan teologi inklusif; pluralisme; dan toleransi. (3) Penerapan moderasi beragama perspektif Nurcholish Madjid dalam pendidikan Islam harus mempertimbangkan pendidikan yang ideal. Menurut Nurcholish madjid pendidikan Islam yang ideal adalah yang membangun lingkungan inklusif, liberasi, intelektualisme, dan kemodernan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moderasi Beragama; Pemikiran Nurcholish Madjid; Pendidikan Islam |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | HILMA FATIMATUL zahro |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 06:08 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 06:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59607 |
Actions (login required)
View Item |