Sawalludin, Faizal Rizqi (2022) Manajemen pengembangan minat baca siswa Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah melalui Intrakurikuler. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (cover)
1_cover.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text (bab 2)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
||
Text (bab 3)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text (bab 4)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) | Request a copy |
||
Text (bab 5)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
||
Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah masih banyaknya manajemen sekolah yang tidak memfokuskan pada manajemen minat baca yang mencangkup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemudian minat baca hanya direpresentasikan melalui Lembaga perpustakaan yang notabene memiliki jam- tertentu saja. Penelitian ini mencoba untuk merepresentasikan manajemen minat baca sebagai aktivitas intrakurikuler sekolah yang memiliki dampak secara kontinnyu terhadap aktivitas membaca siswa. Sehingga, sekolah diharapkan mampu mengarahkan, membina, dan mengembangkan manajemen minat baca yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melalukan pengembangan manajemen min-at baca siswa yang melibatkan aspek pengembangan perencanaan minat baca siswa, pelaksanaan minat baca siswa, pengorganisasian minat baca siswa, pengawasan minat baca siswa, dan pengembangan evaluasi manajemen minat baca siswa.. Kerangka berpikir dari penelitian ini merujuk kepada teori James A.F. Stoner menyebutkan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan para anggota dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan. Selanjutnya, peneliti melakukan observasi terkait dengan kondisi objektif ma-najemen minat baca siswa Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Persatuan Islam Pameungpeuk, kemudian peneliti melaksanakan kegiatan focus grup discussion yang melibatkan kepala madrasah, pembina dan pengurus Misbahul Islam, serta akademisi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan dengan metode kualitatif berbasis teori research development dimana peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi partisipan dan melakukan analisis berbasis hipotiko verifikatif. Hasil dari penelitian ini adalah kondisi objektif aktivitas manajemen minat baca dilaksanakan hanya saat jam istirahat pembelajaran. Implementasi yang dil-akukan peneliti yakni dengan menjadikan program membaca pada setiap mata pelaja-ran di kegiatan intrakurikuler. Kemudian, untuk menjaga kontinuitas kegiatan diper-lukan sebuah pedoman Pelaksanaan Manajemen minat baca di Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Persatuan Islam 3 Pameungpeuk.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pengembangan Minat Baca Siswa; Madrasah Tsanawiyah Dan Aliyah Melalui Intrakurikuler |
Subjects: | Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Faizal Rizqi Sawalludin |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 06:51 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59797 |
Actions (login required)
View Item |