Hodijah, Ijah (2014) Aktivitas Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Hubungannya dengan Hasil Belajar Mereka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Puisi Bebas (Penelitian Pada Siswa Kelas V MIS Sindangwangi Ciamis). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan di kelas V Madrasah Ibtiaiyah Sindangwangi Ciamis diperoleh informasi dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia bahwa penggunaan model pembelajaran treffinger dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sangat efektik, hal ini terlihat ketika proses belajar mengajar siswa memperhatikan materi yang disampaikan dengan seksama dan mengerjakan tugas yang diberikan. Akan tetapi pada kenyataannya dari 25 siswa ditemukan sekitar 15 siswa hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah di bawah standar KKM 7,00. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui realitas aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran treffinger dan realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi bebas serta untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran treffinger. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran treffinger, maka semakin tinggi hasil belajar mereka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi bebas. Demikian pula sebaliknya semakin buruk aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran treffinger maka semakin buruk pula hasil belajar mereka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi bebas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan tes, diajukan kepada 15 orang siswa Madrasah Ibtidaiyah Sindangwangi Ciamis kelas V, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis korelasi. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa realitas aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran treffinger termasuk kategori baik (72%) dan realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi bebas termasuk kategori baik (77,33) Hubungan antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,37, yakni termasuk pada kategori rendah. Adapun hasil uji hipotesis diketahui thitung 1,44 < ttabel 2,16, artinya Ha ditolak dan Ho diterima. Artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran treffinger dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi bebas. Derajat pengaruh Variabel X terhadap variabel Y sebesar 7%. Dengan demikian masih ada 93% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi bebas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 08:23 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 08:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6011 |
Actions (login required)
View Item |