“Pengaruh Penggunaan Media Lottery Card Terhadap Pencapaian Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP pada Pokok Bahasan Segiempat” (Penelitian Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 39 Bandung)

Prasetyanto, Donny (2014) “Pengaruh Penggunaan Media Lottery Card Terhadap Pencapaian Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP pada Pokok Bahasan Segiempat” (Penelitian Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 39 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematik siswa SMP masih tergolong rendah. Pembelajaran matematika di SMP kebanyakan masih cenderung text-book dan teacher-centered serta kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Materi ajar selalu disampaikan guru melalui metode konvensional yakni dengan ceramah sehingga respon dari peserta didik kurang diperhatikan oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalah tersebut. Penggunaan Media Lottery Card menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan koneksi matematik. Dalam desain penelitian ini menggunakan satu kelas kontrol dan dua kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, kelas eksperimen I menggunakan pembelajaran dengan media Lottery Card berkelompok sedangkan kelas eksperimen II menggunakan pembelajaran dengan media Lottery Card berpasangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) Aktivitas guru dan siswa yang menggunakan pembelajaran dengan Media Lottery Card berkelompok dan pembelajaran dengan media Lottery Card berpasangan; (b) Perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa; (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan Media Lottery Card berkelompok dengan pembelajaran yang menggunakan media Lottery Card berpasangan. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Persentase aktivitas guru yang menggunakan pembelajaran dengan media Lottery Card berkelompok mengalami peningkatan dari 50% menajdi 78,6%. Persentase aktivitas guru yang menggunakan pembelajaran dengan media Lottery Card berpasangan mengalami peningkatan dari 57% menjadi 78,6%. Persentase aktivitas siswa yang menggunakan yang menggunakan pembelajaran dengan media Lottery Card berkelompok mengalami peningkatan dari 54% menajdi 82%. Persentase aktivitas siswa yang menggunakan yang menggunakan pembelajaran dengan media Lottery Card berpasangan mengalami peningkatan dari 54% menajdi 82%. (b) Dari hasil analisis data posttest dengan uji ANOVA satu jalur, didapatkan perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa antara yang menggunakan pembelajaran konvensional, pembelajaran dengan media Lottery Card berkelompok dan yang menggunakan pembelajaran dengan media Lottery Card berpasangan. Perbedaan tersebut terdapat antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran yang menggunakan media Lottery Card berkelompok dan antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran yang menggunakan media Lottery Card berpasangan. (c) Sikap siswa yang menggunakan pembelajaran dengan media Lottery Card berkelompok bersikap positif sedangkan sikap siswa yang menggunakan pembelajaran dengan media Lottery Card berpasangan bersikap negatif .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Lottery Card; Koneksi Matematik; ANOVA satu jalur
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 08:24
Last Modified: 03 Jul 2018 08:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6015

Actions (login required)

View Item View Item