Handayani, Risa (2022) Hiperrealitas di media sosial : Unggahan Instagram anak muda pengunjung Coffee Shop di Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (129kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan pada kalangan anak muda dalam penggunaan Instagram, cenderung ingin membagikan kehidupan pribadinya. Mereka ingin memposting momen dirinya saat berada di coffee shop. Mengunjungi coffee shop bukan lagi hanya sekadar untuk ngopi, disamping itu untuk memenuhi kebutuhan di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unggahan Instagram anak muda pengunjung coffee shop di Kabupaten Kuningan, dan mendeskripsikan faktor-faktor pendorong anak muda di Kabupaten Kuningan mengunggah kehadirannya di coffee shop di Instagram. Landasan teori yang digunakan adalah teori hiperrealitas Jean Baudrillard, hiperealitas merupakan ketidakmampuan kesadaran manusia dalam membedakan kenyataan dan fantasi, khususnya di kehidupan saat ini yang memiliki teknologi tinggi. Seseorang berusaha menampilkan yang terbaik di media sosialnya. Hal tersebut menciptakan citra diri pada seseorang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber primer yaitu enam pengunjung coffee shop. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dengan wawancara mendalam, dan observasi online. Metode analisis data yang digunakan peneliti yaitu metode analisis narasi. Tahapan yang dilakukan yaitu, pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini ialah temuan mengenai anak muda Kabupaten Kuningan yang mengunjungi coffee shop bukan hanya sekadar untuk meminum kopi tetapi untuk memenuhi kebutuhan dalam mengunggah di Instagram. Memunculkan hiperrealitas yang memanipulasi tanda-tanda sehingga akan sulit membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Anak muda berusaha menampilkan yang terbaik di Instagram, kemudian memunculkan citra diri seseorang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hiperrealitas; Instagram; Citra |
Subjects: | Critical Philosophy > Phenomenology Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Risa Handayani |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 07:56 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60150 |
Actions (login required)
View Item |