Anggraeni, Anggi (2015) Perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan Think Pair Share (TPS) pada materi pokok virus. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (794kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
Abstract
Pembelajaran biologi di sekolah ini kebanyakan menggunakan metode ceramah. Dengan metode ceramah dapat membuat siswa pasif dan kebanyakan siswa tidak mendengarkan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan tahapan proses pembelajaran yang berlangsung antara model pembelajaran Cooperative Script dengan Think Pair Share (TPS), menganalisis hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajran Cooperative Script, menganalisis hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share(TPS), mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan Think Pair Share (TPS), dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung antara model pembelajaran Cooperative Script dengan TPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan teknik analisis uji t. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MA Ma’arief Tanjungsari yang berjumlah 60 siswa. Instrumen Penelitian berupa tes, lembar observasi, dan angket. Hasil keterlaksanaan tahapan proses pembelajaran siswa dan guru Cooperative Script yaitu 93,33% (kategori baik), dan 90,00% (kategori baik), sedangkan TPS yaitu 89,30% (kategori cukup), dan 88,33% (kategori cukup). Hasil posttest Cooperative Script yaitu 86,83 (kategori baik). Sedangkan TPS dengan 65,67 (kategori cukup). Hasil respon siswa Cooperative Script yaitu 3,60 (kategori sedang), sedangkan TPS yaitu 3,20 (kategori sedang). Berdasarkan hasil pembahasan, perbandingan hasil belajar siswa pada materi virus yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script adalah thitung ˃ ttabel dengan nilai 11,29 ˃ 7,81 sehingga H0 ditolak, Ha diterima. Dari Pembahasan tersebut dapat diambil keismpulan yaitu perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran TPS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 29 May 2018 19:41 |
Last Modified: | 29 May 2018 19:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6039 |
Actions (login required)
View Item |