Bimbingan konseling untuk mencegah pergaulan bebas di kalangan siswa Madrasah Alliyah Ar-Rosyidiah: Penelitian di kelas XI Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiah Kota Bandung

Surbakti, Elapiani Br (2022) Bimbingan konseling untuk mencegah pergaulan bebas di kalangan siswa Madrasah Alliyah Ar-Rosyidiah: Penelitian di kelas XI Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah merupakan lembaga tempat dilangsungkannya pendidikan, melalui pendidikan di sekolah siswa di didik baik dari aspek akhlak, psikologis, maupun perilakunya terlebih pada sekolah berbasis keagamaan bahwa pola pendidikan akhlaknya sudah barang tentu menjadi prioritas utamanya. Namun fakta dilapangan menunjukan adanya beberapa bentuk kenakalan remaja baik bentuk kenakalan yang ringan hingga yang terberat seperti remaja yang berperilaku pergaulan bebas. Oleh karena itu diperlukan program yang bertujuan untuk mengantisipasi hal tersebut, salah satunya melalui program bimbingan konseling yang ada di MA Ar-Rosyidiyah. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengatahui program bimbingan konseling di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiah (2) Untuk mengatahui proses pelaksanaan bimbingan konseling terhadap siswa pelaku pergaulan bebas di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiah. (3) Untuk mengatahui hasil bimbingan konseling sebagai upaya mencegah terjadinya pergaulan bebas di kalangan siswa di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiah. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa bimbingan konseling adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang konselor/pembimbing dalam rangka memberikan bantuan kepada orang lain yang mengalami kesulitan-kesulitan lahir maupun batin supaya dalam kehidupannya sejalan dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT. dan dalam lingkungan hidupnya agar orang-orang tersebut mampu mengatasinya sendiri karena timbul kesadaran dan penyerahan diri terhadap Allah SWT. Untuk melakukan bimbingan konseling tersebut memerlukan metode atau teknik yang tepat dan efektif dan dianggap baik (ma’ruf), sejauh metode dan teknik tersebut tidak bertentangan dengan norma ajaran Islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya perbedaan perilaku siswa sebelum dan sesudah diadakannya bimbingan konseling. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa strategi sekolah dalam mencegah pergaulan bebas pada remaja di MA Ar-Rosyidiah Kota Bandung secara garis besar dilakukan dengan cara antara lain: melalui kegiatan pembelajaran dengan menekankan adab, terhadap lingkungan dan dengan sesama manusia, menjalin komunikasi dengan peserta didik, peran guru sebagai teladan dan motivator, mendidik untuk berbakti kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling; Remaja; Pergaulan Bebas
Subjects: Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis
Applied Psychology > Interpersonal Relations
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Elapiani Br surbakti
Date Deposited: 04 Nov 2022 00:36
Last Modified: 04 Nov 2022 00:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60411

Actions (login required)

View Item View Item