Pujananda, Nazwa Shiva (2022) Burnout akademik sebagai mediator antara stres akademik dan prestasi akademik di era kebiasaan baru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
||
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (954kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : Mahasiswa rentan mengalami stres akademik yang disebabkan oleh banyaknya beban tugas dan juga ketidakmampuan adaptasi dengan metode pembalajaran yang berubah di era kebiasaan baru. Jika mahasiswa tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan efiesien maka akan memunculkan masalah yang lebih serius. Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat peran burnout akademik sebagai mediator antara stres akademik terhadap prestasi akademik. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan partisipan 400 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Analisis jalur digunakan dalam penelitian ini untuk melihat indirect effect melalui burnout akademik dan direct effect stres akademik terhadap prestasi akademik. Untuk melihat adanya pengaruh indirect effect, peneliti menggunakan metode bootstrapping menggunakan process andrew f. Hayes. Dan hasil menunjukkan nilai dari confidence interval dari hasil bootstrap adalah bootllci = 0.0030 dan bootulci = 0.0034. Ini menunjukkan bahwa rentang bootllci dan bootulci tidak melewati nilai nol (0). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa burnout akademik mampu memediasi stres akademik terhadap prestasi akademik. ENGLISH : Collage Students are vulnerable to stres akademik caused by the large number of assignments and also the inability to adapt to changing learning methods in the kebiasaan baru era. If students cannot solve the problem efficiently, it will lead to more serious problems. The purpose of this study is to examine the role of Burnout akademik as a mediator between stres akademik and academic achievement. The method in this study uses quantitative methods with 400 students participating in the State Islamic University of Sunan Gunung Djati Bandung. Path analysis is used in this study to see the indirect effect through Burnout akademik and the direct effect of stres akademik on academic achievement. To see the indirect effect, the researcher used the bootstrapping method using PROCESS v 3.5 from Andrew F. Hayes. And the results show the value of the Confidence Interval/CI from the bootstrap result is BootLLCI = 0.0030 and BootULCI = 0.0034. This indicates that the BootLLCI and BootULCI ranges do not pass zero (0). Therefore, it can be concluded that Burnout akademik is able to mediate stres akademik on academic achievement
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | stres akademik; burnout akademik; prestasi akademik; kebiasaan baru |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Nazwa Shiva Pujananda |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 00:57 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 00:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60594 |
Actions (login required)
View Item |