Wulansari, Eka (2022) Meningkatkan kreativitas siswa melalui seni rupa Mozaik pada mata pelajaran SBdP : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV A MI Nurul Falah Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (182kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan temuan permasalahan yang terjadi di kelas IV A MI Nurul Falah Jatinangor, yakni terdapat beberapa siswa yang memiliki daya kreativitas rendah pada saat pembelajaran SBdP. Hal ini disebabkan karena penggunaan media yang monoton, sehingga siswa merasa terbebani untuk mengembangkan kreativitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana kreativitas siswa kelas IV A MI Nurul Falah sebelum diterapkan kegiatan membuat mozaik? 2) Bagaimana kreativitas siswa kelas IV A MI Nurul Falah ketika menerapkan kegiatan membuat mozaik setiap siklus? 3) Bagaimana peningkatan kreativitas siswa melalui seni rupa mozaik pada mata pelajaran SBdP siswa kelas IV A MI Nurul Falah setelah diterapkan kegiatan membuat mozaik setiap siklus?Penelitian ini didasari oleh pemikiran terhadap seni mozaik dapat memberikan peningkatan akan kreativitas, kepekaan rasa, dan olah tubuh untuk melatih aspek motorik halus serta motorik kasar pada siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran. Subjek penelitian ini adalah Kelas IV A MI Nurul Falah Jatinangor Sumedang sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi pra siklus sebelum menerapkan mozaik kreativitas siswa dikategorikan kurang sekali dengan persentase sebesar 11,44%. pada siklus I tindakan I aktivitas guru mencapai skala sebanyak 61,29% dan pada siklus I tindakan II aktivitas guru mencapai skala 77,41%. Kemudian aktivitas siswa pada siklus I tindakan I mencapai skala 60,75% dan pada siklus I tindakan II aktivitas siswa mencapai skala 77,16%. Adapun saat penerapan mozaik pada siklus II tindakan I untuk aktivitas guru mencapai skala 83,87% dan pada siklus II tindakan II aktivitas guru mencapai skala 90,32%. Kemudian aktivitas siswa pada siklus II tindakan I mencapai skala 81,08% dan pada siklus II tindakan II aktivitas siswa mencapai skala 86,08%. Pada siklus I berdasarkan hasil observasi kegiatan siswa diperoleh nilai rata-rata hitung sebesar 77,16% dengan kriteria baik. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hitung sebesar 86,08% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian terjadi peningkatan kreativitas pada setiap siklusnya dengan angka persentase sebesar 8,92%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui mozaik dapat meningkatkan kreativitas siswa. Maka, proses pembelajaran dinyatakan tercapai dan meningkat dari keadaan sebelumnya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas; Mozaik; SBdP |
Subjects: | Arts Ceramics Arts > Mosaics Arts |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Wulansari |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 08:10 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 08:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60839 |
Actions (login required)
View Item |