Rusydi, Fahreza Syaifullah (2022) Strategi public relations dalam mempertahankan eksistensi pasar malam : Studi deskriptif kualitatif pada CV. Kelana Jaya Putra. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
Abstract
Pasar Malam Kelana Jaya Putra merupakan salah satu industri hiburan terbesar di Kota Bekasi. Public Relations Pasar Malam Kelana Jaya Putra memiliki tugas dan wewenang dalam mengelola strategi untuk mempertahankan eksistensi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses strategi public relations yang dilaksanakan oleh Pasar Malam Kelana Jaya Putra dalam rangka penyelesaian dan pengelolaan untuk mempertahankan eksistensi melalui identifikasi masalah, perencanaan program, tindakan dan sosialisasi dan evaluasi. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep four step public relations (empat langkah humas) berupa; identifikasi masalah (fact finding), perencanaan dan program (planning and programming), mengambil tindakan dan komunikasi (action and communication) dan evaluasi (evaluation). Paradigma yang digunakan adalah paradigma kontruktivisme dengan pendekatan interpretif dan metode deskriptif kualitatif. Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam dan dibantu dengan observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi public relations dalam mempertahankan eksistensi yang digunakan Pasar Malam Kelana Jaya Putra diawali dengan tahap (1) identifikasi masalah secara internal dan eksternal meliputi; koordinasi, konsultasi, diskusi, monitoring, observasi dan survey. Tahap (2) perencanaan program meliputi; penyusunan rencana dan anggaran, perencanaan program dalam mempertahankan eksistensi. Tahap (3) mengambil tindakan dan sosialisasi, meliputi pemasaran dan promosi menggunakan media online, melakukan diskusi dengan berbagai pihak termasuk UMK/UMKM, kerjasama dengan berbagai perusahaan dalam kontrak kerja. Tahap (4) evaluasi meliputi; observasi, monitoring dan koordinasi dalam tingkat evaluasi dampak dan efek. Strategi public relations dalam mempertahankan eksistensi yang digunakan Pasar Malam Kelana Jaya Putra sudah terbukti efektif dengan adanya penyesuaian pada hiburan masa kini serta program yang disusun sudah berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Public Relations; Eksistensi; Pasar Malam |
Subjects: | Applied Psychology > Interpersonal Relations Ethics of Social Relations Existence, Knowability, Attributes of God |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Fahreza Syaifullah Rusydi |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 01:07 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 01:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60961 |
Actions (login required)
View Item |