Muzakkie, Farhan (2022) Inovasi pelayanan publik publik melalui aplikasi e-open di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (94kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
Abstract
Inovasi pelayanan publik adalah salah satu cara untuk mengatasi persoalan pada pelayanan publik. Inovasi yang diiringi dengan perkembangan teknologi menghasilkan kemudahan seperti pelayanan publik secara daring yang diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi meluncurkan inovasi aplikasi e-OPen pada tahun 2020 sebagai pelayanan administrasi kependudukan secara daring di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan inovasi aplikasi e-OPen di Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan teori inovasi dari Rogers yang terdapat 5 karakteristik diantaranya relative advantage, compatibility, complexity, trialability dan observability. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitiaan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan cara dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan inovasi e-OPen sudah berjalan baik dan sesuai dengan karakteristik inovasi namun masih terdapat kendala dan perlu adanya pengembangan dan peningkatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi; Pelayanan Publik; e-OPen |
Subjects: | Political dan Government Science Public Administration Public Administration > Public Administration in Indonesia Public Policy Issues in Education > Public Policy Issues in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Farhan Muzakkie |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 02:21 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61217 |
Actions (login required)
View Item |