Pulungan, Nurul Hafifah (2022) Pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu Wordwall terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (464kB) |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman siswa yang kurang terhadap materi sistem reproduksi menyebabkan hasil belajar siswa menjadi kurang baik, hal ini dapat terjadi karena model yang digunakan hanya dengan ceramah, mencatat materi, dan menghafal materi saja sehingga siswa menjadi pasif dan kurang aktif dalam proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar, pengaruh hasil belajar dan respon siswa terhadap model pembelajaran NHT. Metode penelitian yang digunanakan yaitu quasi ekperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group desain menggunakan dua kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 dengan subjek penelitian sebanyak 65 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas guru 96% dan aktivitas siswa 93% pada materi sistem reproduksi manusia. Data hasil belajar berupa nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu 42,65 dan posttest sebesar 84,83, sedangkan nilai pretest dan posttest kelas kontrol yaitu 45,16 dan posttest 61,45. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,64 dan kelas kontrol 0,27. Respon siswa terhadap model pembelajaran NHT menujukkan respon yang positif dengan nilai rata-rata 70%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berbantu media wordwall berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; NHT; Sistem Reproduksi Manusia; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nurul Hafifah Pulungan |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 04:18 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 04:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61577 |
Actions (login required)
View Item |