Muhammad, Nur (2017) Penerapan Model Anchored Instruction (AI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Vektor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (652kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
Abstract
Hasil observasi di MAN 1 Kuningan menunjukkan rendahnya pemahaman konsep peserta didik. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep khususnya mata pelajaran fisika pada materi vektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Anchored Instruction dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi vektor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment design, dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MAN 1 Kuningan, sampel dipilih dengan teknik random sampling yaitu kelas X IPA 3 dengan jumlah 28 peserta didik. Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik diperoleh dari nilai N-gain pretest dan posttest peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru berdasarkan lembar observasi diperoleh persentase rata-rata 83% termasuk kategori baik dan rata-rata peserta didik dengan persentase 74% termasuk kategori sedang. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik berdasarkan Index-Ngain diperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,70 termasuk pada kategori tinggi. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t diperoleh Thitung (25,946) > Ttabel (2,052) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, model Anchored Instruction dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi vektor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anchored Instruction; pemahaman konsep; vektor |
Subjects: | Physics > Theories and Mathematical Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 04:27 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 04:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6176 |
Actions (login required)
View Item |