Panigoro, Tri (2022) Kontribusi kinerja pegawai hubungannya dengan kualitas pelayanan administrasi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung: Penelitian di Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
Abstract
Kualitas pelayanan memiliki hubungan dengan beberapa variabel, diantaranya: disiplin kerja, peraturan kerja, motivasi kerja, maupun tunjangan pegawai. Disiplin kerja, peraturan kerja, motivasi kerja maupun tunjangan pegawai sebagai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Sedangkan kualitas pelayanan adalah output dari kinerja pegawai di suatu instansi/lembaga, entah itu lembaga pelayanan publik atau pun pendidikan. Indikator lembaga pendidikan Islam yang berkualitas salah satunya adalah sumber daya pengelolanya memiliki kinerja yang baik, sehingga kualitas pelayanannya baik pula. Kinerja sumber daya manusia dalam organisasi dapat diperiksa secara kritis dan diuji agar diperbaiki praktiknya. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk menganalisa hubungan antara kontribusi kinerja pegawai dengan kualitas pelayanan administrasi. Penelitian dilakukan di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung, tepatnya di Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kontribusi kinerja pegawai Seksi PD Pontren di Kantor Kemenag Kabupaten Bandung; (2) Mengetahui kualitas pelayanan administrasi Seksi PD Pontren di Kantor Kemenag Kabupaten Bandung; dan (3) Menganalisa hubungan kontribusi kinerja pegawai dengan kualitas pelayanan administrasi Seksi PD Pontren di Kantor Kemenag Kabupaten Bandung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya, yaitu menggunakan kuesioner dan dilanjutkan dengan uji korelasi dengan rank spearman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kontribusi kinerja pegawai Seksi PD Pontren di Kantor Kemenag Kabupaten Bandung berada pada kategori sedang dari hasil pengolahan data sebanyak 100 responden sebesar 3,46; (2) Kualitas pelayanan administrasi Seksi PD Pontren di Kantor Kemenag Kabupaten Bandung berada pada kategori sedang dari hasil pengolahan data sebanyak 100 responden sebesar 3,44; dan (3) Hasil dari perhitungan uji korelasi menggunakan rank spearman bahwa signifikansi kontribusi kinerja pegawai dengan kualitas pelayanan administrasi diperoleh angka 0,000. Adapun perhitungan korelasinya diperoleh angka sebesar 0,889. Nilai tersebut berada pada kelas interval keempat yaitu 0,760 – 0,990 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Sehingga dapat dinterpretasikan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kontribusi kinerja pegawai dengan kualitas pelayanan administrasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | administration; kinerja pegawai; kontribusi; pelayanan administrasi |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Specific Field of Public Administration > Departments of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Public Policy Issues in Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tri Panigoro |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 00:40 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 00:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61824 |
Actions (login required)
View Item |