Syahidaturrahman, Wahdiani (2013) Penerapan model pembelajaran CIRC(Cooperative Integrated Reading And Composition)untuk mengembangkan keterampilan berargumentasi siswa pada konsep polusi udara akibat pembakaran Hidrokarbon: Penelitian kelas terhadap siswa Kelas X 6 SMAN 1 Margahayu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (708kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
Abstract
Keterampilan berargumentasi baik secara lisan maupun tulisan dibutuhkan dalam pembelajaran kimia. Namun, pembelajaran kimia di sekolah siswa kurang mendapatkan kesempatan lebih luas untuk berdiskusi serta mengembangkan keterampilan argumentasi. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan berargumentasi, yaitu model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran CIRC pada konsep polusi udara akibat pembakaran hidrokarbon, mengukur kualitas argumentasi siswa pada konsep polusi udara akibat pembakaran hidrokarbon berdasarkan LKS pada setiap tahap model pembelajaran CIRC, dan menganalisa tanggapan siswa terhadap pembelajaran pada konsep polusi udara akibat pembakaran hidrokarbon dengan menerapkan model CIRC. Berdasarkan tujuan tersebut, metode yang digunakan adalah metode penelitian kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X 6 SMAN 1 Margahayu sebanyak 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini meliputi deskripsi pembelajaran, LKS, format penilaian dan angket. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, penerapan model CIRC pada konsep polusi udara akibat pembakaran hidrokarbon terlaksana dengan sangat baik, sebagian siswa hampir sebesar 80% mampu bekerjasama dengan baik, aktif dalam menyelesaikan tugas, aktif dalam berpendapat dan dapat menghargai pendapat sesama anggota kelompok. Kualitas argumentasi secara tulisan dominan pada level 2, sedangkan lisan mencapai kualitas argumentasi level 5. Berdasarkan sebaran angket menunjukan bahwa siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran CIRC. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model CIRC dapat meningkatkan keaktifan siswa dan mengembangkan keterampilan berargumentasi siswa pada konsep polusi udara akibat pembakaran hidrokarbon
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition); Argumentasi; Polusi udara; Hidrokarbon |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 29 May 2018 21:20 |
Last Modified: | 29 May 2018 21:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6195 |
Actions (login required)
View Item |