Rahmadiani, Widi Awallaisa (2017) Model Fuzzy Multiple – Attribute Decission Making (MADM) untuk masalah perencanaan jalur kereta api. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
Abstract
Masalah transportasi umumnya terletak pada ketidakseimbangan antara kebutuhan sarana, prasarana, serta pertumbuhan penduduk dan perkembangan ekonomi suatu daerah, sehingga perlu sebuah model untuk menyelesaikan masalah ini tak terkecuali untuk masalah perencanaan jalur kereta api. Dalam masalah perencanaannya jalur kereta api memiliki karakteristik khusus dengan kerumitan dari setiap aspek yang dipertimbangkan, diantaranya aspek keadaan lingkungan, aspek keadaan sosial masyarakat, dan aspek pengerjaan secara teknis maupun ekonomis. Model untuk masalah perencanaan jalur kereta api adalah model yang mengintegrasikan logika fuzzy dengan pengambilan keputusan multiatribut (MADM). Metode yang dapat digunakan dalam menyelesaikan model MADM untuk masalah ini adalah Metode Simple Additive Weighting (SAW), Weighted Product (WP), Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dan Analytic Hierarchy Process (AHP) yang dapat menghitung nilai antara setiap alternatif dengan crisp maksimum dan crisp minimum untuk menghasilkan alternatif optimal. Konsep masalah ini diaplikasikan pada stasiun Gaggiolo – Baraggia di Italia dengan tiga alternatif jalur dan tiga belas kriteria yang dipertimbangkan serta pada stasiun Yogyakarta – Parangtritis di Indonesia dengan tiga alternatif jalur dan sembilan kriteria yang dipertimbangkan. Setelah menggunakan berbagai metode diperoleh alternatif optimal adalah jalur C untuk stasiun Gaggiolo – Baraggia di Italia serta jalur barat untuk stasiun Yogyakarta – Parangtritis di Indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Logika Fuzzy; Bilangan Fuzzy Segitiga; dan Multiple – Atribut Decision Making (MADM) |
Subjects: | Applied mathematics > Mathematical Optimization |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 06:45 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 06:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6207 |
Actions (login required)
View Item |