Rusdiana, Jajang (2022) Pembelajaran Al-Qur'an terhadap para mualaf : Studi Living Qur’an terhadap Lembaga Mualaf Center Indonesia Regional Jawa Barat terhadap kegiatan pembelajaran Al-Qur’an dalam lingkup masyarakat Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (193kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) | Request a copy |
Abstract
Al-Qur’an merupakan Kitab suci yang terakhir diturunkan kepada Nabi dan rasul terkahir dalam rangkaian Penutup risalah dari Tuhan, meskipun sebagai kitab terakhir tetapi pada hakikatnya kitab ini akan berlaku sampai menjelang dunia berakhir, Al-Qur’an diturunkan kepada masyarakat yang sudah melek literasi akan tetapi dari segi ketuhanan mengalami masa kegelapan, budaya melek literasi dalam hal ini membaca sangat ditekankan sekali dalam Al-Qur’an sebagai pedoman manusia dalam mengarungi kehidupan dunia, seiring perkembangan zaman alquran di kaji dengan berbagai perkembangan tradisi dan budaya secara sosiologi dan antropologi yang menjadikan masyarakat sebagai objek dalam kajian Living Qur’an, kajian yang terdapat dalam living Qur”an adalah proses pembelajaran Al-Qur’an terhadap mualaf khususnya pembelajaran dasar membaca Al-Qur’an. Namun kajian ini akan di fokuskan kepada kegiatan pembelajaran Al-Qur’an dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca para mualaf, aspek pembelajaran yang disorot berupa aspek proses pembelajaran, metode belajar yang digunakan, dan hasil pembelajaran terhadap para mualaf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Al-Qur’an terhadap para mualaf dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan strategi dan metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif yaitu untuk mempelajari dan melakukan penyelidikan fenomena yang berlangsung dalam kehidupan nyata yang akan dijadikan objek penelitian dengan cara langsung terjun ke lapangan melalui observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah para mualaf sangat membantu mereka yang pertama kali masuk yang belum sepenuhnya tahu tata cara membaca Al-Qur’an, tetapi kemampuan membaca para mualaf ditentukan oleh beberapa faktor yang di alami oleh para mualaf.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur'an ; pembelajaran; Living Al-Qur'an ; Mualaf |
Subjects: | Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Jajang Rusdiana |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 00:43 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 00:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62193 |
Actions (login required)
View Item |