Uji aktivitas antibakteri komposit ZnO nanopartikel dengan ekstrak daun ketepeng cina (Cassia Alata L.) terhadap bakteri Staphylococcus Aureus ATCC 6538

Syifa, Nurul Asy (2022) Uji aktivitas antibakteri komposit ZnO nanopartikel dengan ekstrak daun ketepeng cina (Cassia Alata L.) terhadap bakteri Staphylococcus Aureus ATCC 6538. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab penyakit yang umum ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Staphylococcus aureus adalah spesies pathogen paling umum yang terlibat dalam penyakit infeksi nosokomial yang menyerang kulit dan selaput lendir individu sehat secara asimtomatik. Penggunaan antibiotik dapat menghambat pertumbuhan bakteri, namun penggunaan yang tidak sesuai dapat menyebabkan resistensi obat. Upaya pencarian obat antibakteri dari bahan alam terus dilakukan, salah satu tumbuhan yang berpotensi sebagai obat antibakteri yaitu tumbuhan ketepeng cina yang diketahui memiliki kandungan metabolit sekunder yang baik, serta ZnO yang memiliki kemampuan sebagai antibakteri yang baik tanpa adanya toksisitas. Tujuan pada penelitian ini adalah mengkompositkan ekstrak daun ketepeng cina dengan ZnO nanopartikel serta menganalisis aktivitas antibakterinya. Proses pembuatan komposit dan pengujian aktivitasnya dimulai dengan mengekstrak daun ketepeng cina menggunakan pelarut n-heksana, etil asetat, dan etanol dengan metode maserasi bertingkat. Hasil analisis fitokimia pada ekstrak daun ketepeng cina menunjukkan bahwa ekstrak mengandung senyawa alkaloid, steroid, flavonoid, saponin, tannin, dan terpenoid. ZnO nanopartikel disintesis dengan metode presipitasi dan sonokimia. Hasil karakterisasi XRD menunjukkan pola difraksi yang sesuai dengan ZnO fasa Zincite. Ukuran hasil perhitungan dengan persamaan Scherrer yaitu 29,01 nm dengan persen kristalinitas sebesar 51,43%. Hasil karakterisasi SEM menunjukkan bahwa ZnO yang dihasilkan mempunyai morfologi dengan partikel yang homogen dan memiliki ukuran partikel sebesar 56,45 ± 0,11 nm. Hasil pengujian terhadap bakteri Staphylococcus aureus menunjukkan bahwa komposit ZnO-Cassia alata L memiliki potensi sebagai obat antibakteri yang ditunjukkan adanya peningkatan setelah dikompositkan. Berdasarkan hasil pengujian antibakteri komposit yang paling baik dalam menghambat bakteri Staphylocoocus aureus ATCC 6538 yaitu komposit ekstrak etil asetat dengan ZnO nanopartikel dengan variasi massa (1:1), (2:1), dan (1:2) menghasilkan diameter hambat secara berurutan yaitu 25,30 mm; 23,15 mm; dan 20,95 mm yang tergolong sangat kuat dalam menghambat bakteri Staphylocoocus aureus ATCC 6538.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cassia alata L; antibakteri; komposit; Staphylococcus aureus; ZnO nanopartikel
Subjects: Analytical Chemistry
Inorganic Chemistry
Organic Chemistry
Pharmacology and Therapeutics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Nurul Asy Syifa
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:30
Last Modified: 23 Dec 2022 04:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62195

Actions (login required)

View Item View Item