Penerapan fungsi pengorganisasian pesantren dalam meningkatkan kinerja pengurus: Studi deskriptif di pondok pesantren Zumrotul Muttaqien di desa Situraja Utara, kecamatan Situraja, kabupaten Sumedang

Permana, Shidiq (2022) Penerapan fungsi pengorganisasian pesantren dalam meningkatkan kinerja pengurus: Studi deskriptif di pondok pesantren Zumrotul Muttaqien di desa Situraja Utara, kecamatan Situraja, kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga keagamaan, pondok pesantren mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu agama Islam selain memberikan pendidikan dan pengajaran. Tujuan pendidikan pondok pesantren dikelompokkan menjadi tiga kategori: yaitu, pengembangan karakter dan kepribadian, peningkatan kemampuan santri, dan penyebarluasan ilmu. Adanya hal-hal berikut mengidentifikasi ciri-ciri umum pesantren: Kyai, Santri, Asrama, Pendidikan agama dan pengajaran melalui pengajian Pesantren menggunakan referensi dari kitab kuning dan metode pembelajaran bandhongan dan sorogan untuk mengajarkan materi pelajaran .Mandala, sebuah bentuk pendidikan pra-Islam, dan Pesantren memiliki sejumlah kesamaan. Namun, penyampaian konten kajian pendidikan sangat berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses organisasi yang dilakukan di Pondok Pesantren Zumrotul Muttaqien dalam rangka meningkatkan kinerja pengurus maupun struktur organisasi pondok pesantren, baik dari segi pembagian kerja, kualitas kerja, dan departementalisasi. Akan lebih mudah bagi pengurus untuk melakukan proses penentuan organisasi, struktur organisasi, pembagian kerja, kualitas kerja, dan departementalisasi jika organisasi disusun secara sistematis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang tertuju pada pemecahan masalah dengan cara menyusun data, menjelaskan data dan menganalisis dengan memaparkan pendekatan yang dikhususkan pada penerapan fungsi pengorganisasian, dikarenakan metode ini didasarkan pada pemanfaatan secara logika yang dihimpun melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses penentuan pengorganisasian berawal dari pembagian kerja dan tujuan pengorganisasian. Struktur organisasi mempunyai fungsi. Pengaturan aktivitas mempunyai tujuan. Macam-macam aktivitas dan pengawasan pengaturan aktivitas. Dari pengorganisasian sudah tentu adanya pembagian kerja, kualitas kerja, dan departementalisasi dalam meningkatkan kinerja pengurus Pesantren yaitu melalui serangkaian acara kegiatan yang merupakan proses pengorganisasian. Salah satunya yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Zumrotul muttaqien dalam meningkatkan kinerja pengurus yaitu melalui pengorganisasian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian Pesantren; Kinerja Pengurus; Kualitas Pengurus
Subjects: Islam > Organizations of Islam
General Management > Control and Quality Management
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Permana Shidiq
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:42
Last Modified: 27 Dec 2022 03:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62352

Actions (login required)

View Item View Item