Hidayat, Dwiky (2022) Instagram @aku.berkarya sebagai media dakwah di kalangan remaja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
Abstract
Dengan adanya kemajuan teknologi dan juga informasi, menciptakan aktivitas dakwah melalui media sosial. Media sosial Instagram adalah satu diantara sarana media dakwah yang sesuai pada saat ini. Instagram @aku.berkarya menggunakan media dakwah Instagram di kalangan remaja. Hal tersebut dimaksudkan untuk pengguna Instagram terutama di kalangan remaja agar lebih mengenal nilai-nilai Islam dan tidak memahami dakwah hanya sebatas ceramah di depan mimbar dalam sebuah masjid saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Instagram @aku.berkarya dalam mengembangkan dakwah di kalangan remaja, bagaimana konten yang disebarkan dalam menarik minat remaja, dan bagaimana hambatan yang terjadi saat berdakwah melalui Instagram. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori New Media. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif yang berusaha untuk menggambarkan bagaimana aktivitas komunikasi dakwah melalui media sosial yang berlangsung selama ini. Hasil dalam penelitian terhadap Instagram @aku.berkarya sebagian besar mengenai pesan akhlak yang diambil dari kutipan ayat Al-Quran, Hadis, dan kutipan pesan tokoh Muslim Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib yang kemudian divisualisasikan secara menarik ke dalam bentuk postingan foto, video, live, dan reels Instagram sehingga pesan yang disampaikan mudah dipahami dan mampu tersampaikan dengan baik kepada mad’u atau jika dalam media sosial disebut sebagai viewers. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini adalah Instagram @aku.berkarya memanfaatkan beberapa fitur dalam Instagram dalam berdakwah diantaranya postingan foto, video, live, dan reels, pesan dakwah yang terkandung dalam Instagram @aku.berkarya sebagian besar mengenai pesan akhlak, dakwah melalui Instagram yang dilakukan oleh Instagram @aku.berkarya juga terkadang mengalami hambatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Dakwah; Instagram; Remaja |
Subjects: | Communications Telemunications Computer Arts, Digital Arts |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Dwiky Hidayat |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 02:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 02:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62445 |
Actions (login required)
View Item |