Pengaruh jumlah pendapatan asuransi dan pendapatan investasi terhadap Surplus atau Defisit Underwriting dana tabarru pada PT. Panin Daichi Life Unit Syariah periode 2011-2021

Rahayu, Shentya Harfi (2022) Pengaruh jumlah pendapatan asuransi dan pendapatan investasi terhadap Surplus atau Defisit Underwriting dana tabarru pada PT. Panin Daichi Life Unit Syariah periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh laporan keuangan yang tidak sesuai dengan teori bahwa surplus/defisit underwriting dana tabarru dipengaruhi oleh jumlah pendapatan asuransi perusahaan. selain itu, surplus/defisit underwritting dana tabarru juga dipengaruhi oleh pendapatan investasi perusahaan. Pada perusahaan PT Panin-Daichi Life Unit Syariah, jumlah pendapatan asuransi dan pendapatan investasi perusahaan mengalami perkembangan yang fluktuatif setiap tahunnya sehingga data empiris tidak sesuai dengan teori yang ada. oleh karena itu peneliti melakukan penelitian pengaruh pendapatan asuransi dan pendapatan investasi terhadap surplus atau defisit underwriting dana tabarru di PT Panin-Daichi Life Unit Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh jumlah pendapatan asuransi secara parsial terhadap surplus atau defisit underwritting PT Panin-Daichi Life Unit Syariah, menganalisis dan mengetahui pengaruh pendapatan investasi secara parsial terhadap surplus atau defisit underwritting PT Panin-Daichi Life Unit Syariah, menganalisis dan mengetahui pengaruh jumlah pendapatan asuransi dan pendapatan investasi secara simultan terhadap surplus atau defisit underwritting PT Panin-Daichi Life Unit Syariah. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi pendapatan asuransi dan pendapatan investasi maka akan diikuti oleh surplus atau defisit underwriting dana tabarru yang juga akan meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT Panin-Daichi Life Unit Syariah. Metode Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis asosiatif yang terdiri dari regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) secara parsial jumlah pendapatan asuransi tidak berpengaruh signifikan terhadap surplus/defisit underwritting dengan hasil uji t yaitu 1,551 < 2,365 dan nilai koefisien determinasi sebesar 19,6%. (2) secara parsial pendapatan investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap surplus/defisit underwritting dengan hasil uji t yaitu 0,692 < 2,365 dan nilai koefisien determinasi 0,2%. (3) secara simultan jumlah pendapatan asuransi dan pendapatan investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap surplus/defisit underwritting dengan hasil uji f 1,149 < 4,74 dan nilai koefisien determinasi 24,7% pada PT Panin-Daichi Life Unit Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asuransi; Pendapatan Investasi; Surplus Defisit Underwrtting
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Insurance
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Shentya Harfi Rahayu
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:59
Last Modified: 29 Dec 2022 05:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62576

Actions (login required)

View Item View Item