Atoillah, Fahmi (2022) Pengaruh model pembelajaran Simas Eric terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi jaringan tumbuhan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (536kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran Simas Eric adalah salah satu model pembelajaran yang inovatif yang didasarkanpada teori kontruktivisme dan terfokus pada siswa (student centered) dengan pembelajaran yang menyenangkan. Model pembeajaran Simas Eric terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa (Darmawan. 2017). Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Simas Eric terhadap Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi jaringan tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment dengan Non Equivalent Control Group Design. Data yang diperoleh melalui cara pengisian lembar observasi, pretest, posttest dan lembar angket. Hasil perolehan rata-rata lembar observasi keterlaksanaan dan siswa sebesar 98,35% dengan kategori sangat baik. Hasil perolehan n-gain kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 0,79% dengan kategori tinggi yang mana hasil tersebut lebih besar dibanding peningkatan kelas kontrol yaitu sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Uji T-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil Sig. (2-tailed) 0.000< 0,05 dan hasil uji Effec Size sebesar 0.623 dengan kategori sedang. Perolehan nilai rata-rata angket respon siswa sebesar 80,75% dengan kategori sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Simas Eric terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi jaringan tumbuhan. Penulis menyarankan agar dalam penerapan model ini kemampuan guru dalam manajemen waktu lebih di perhatikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jaringan tumbuhan; Kemampuan Berpikir kritis; Simas Eric; model pembelajaran |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Fahmi Atoillah |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 00:48 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 00:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62683 |
Actions (login required)
View Item |