Satiti, Marchdaryta (2022) Etika pendidik menurut Imam An-Nawawi dalam Kitab At-Tibyan fii Adabi Hamalati al-Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (505kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kompetensi guru dalam etika, berupa kekerasan non fiisik atau fiisik yang terjadi di lingkungan sekolah. Sementara itu guru memiliki tugas di bidang kemanusiaan yang menekankan bahwa guru di sekolah harus dapat menjadikan dirinya sebagai orangtua kedua di sekolah. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui: 1). Mengetahui konsep etika pendidik menurut para ahli pendidikan Islam, 2). Menetahui konsep etika pendidik menurut Imam An-Nawawi dalam kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalati Al-Qur’an. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran Imam An-Nawawi bahwa seorang guru harus memiliki etika dalam mengajar, seperti menghiasi diri dengan akhlak yang mulia, rendah hati, memperlakukan siswa dengan lembut, berbicara yang baik dan tidak sombong. Konsep etika pendidik banyak dikaji oleh berbagai kitab, salah satunya kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalati Al-Qur’an. Dalam kitab ini menjelaskan tentang kepribadian yang harus dimiliki oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi pustaka. Sumber data penelitian ini yaitu dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu studi dokumentasi kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalati Al-Qur’an. Adapun teknik analisis data yaitu: 1). Reduksi Data, 2). Penyajian Data, 3). Penarikan Kesimpulan Hasil penelititian menjelaskan bahwa konsep etika menurut Ibn Miskawaih etika seorang pendidik diantaranya: Mencintai peserta didik seperti halnya mencintai anaknya sendiri, Tidak mengharapkan imbalan (upah) atau gaji, Tiada henti untuk mengingatkan peserta didiknya tujuan mencari ilmu untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, Menganjurkan peserta didiknya untuk mencari ilmu yang bermanfaat, Menjadi contoh yang baik untuk peserta didiknya, Mengajarkan pelajaran sesuai dengan tingkat pengetahuan, Mengetahui dan memahami minat dan bakat peserta didiknya. Menurut Imam Al-Ghazali adab seorang guru yaitu: sabar saat mengajar, bersikap tenang, duduk dengan terhormat dan menjaga pandangannya, tidak sombong dan bersikap tawadhu, tidak bercanda dan banyak bermain, lemah lembut kepada murid, membimbing muridnya yang belum paham, mengamalkan apa yang telah diajarkan kepada peserta didiknya. Konsep etika menurut Imam An-Nawawi adalah mengajar bertujuan mencari ridho Allah SWT, tidak bertujuan duniawi, berhati-hati dalam mengajar, berperilaku baik, guru yang ramah, memberikan nasihat yang baik, mengutamakan mengajar, mendahulukan murid yang datang lebih awal, tidak menolak mengajar, bisa menjaga diri, tidak merendahkan ilmu, menjadikan tempat majelisnya lapang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | etik; pendidik; imam an-nawawi; kotab at-tibyan fii adabi hamalati al-qur'an |
Subjects: | Ethics, Moral Philosophy > Philosopy and Theory of Ethics Ethics, Moral Philosophy > Normative Ethics Islam Education Education > Ethical Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam |
Depositing User: | Marchdaryta Satiti |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 07:20 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 07:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62951 |
Actions (login required)
View Item |