Rahmat, Suci Aulia (2022) Penerapan model pembelajaran Connecting, Extending, Review (CER) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dalam menyelesaikan soal cerita : Penelitian tindakan kelas di kelas VII SMPIT Nurul Qolbi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa terutama dalam bentuk soal cerita yang didukung dengan studi pendaahuluan. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Connecting, Extending, Review (CER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran, mengetahui adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa, dan respon siswa terhadap model pembelajaran Connecting, Extending, Review (CER) mengenai penalaran matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPIT Nurul Qolbi Bekasi, Tahun Ajaran 2022/2023. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya: proses pembelajaran dengan model pembelajaran Connecting, Extending, Review (CER) ini berjalan dengan baik. Pada Siklus I aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari pada setiap pertemuan dari kategori cukup menjadi baik. Siklus II menunjukkan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dari kategori baik menjadi sangat baik. Pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa mengalami peningkatan berdasarkan rata-rata skor yang didapat dari 77 pada siklus I menjadi 87 pada siklus II, dan rata-rata skor kemampuan penalaran matematis siswa pada tes akhir seluruh siklus yaitu 90 berkategori tinggi. Siswa memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran Connecting, Extending, Review (CER) mengenai penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran Matematis; Connecting; Extending; Review (CER); Soal Cerita |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Suci Aulia Rahmat |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 00:58 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 00:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63309 |
Actions (login required)
View Item |