Pengaruh media pembelajaran berbasis Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi

Nasihin, Inda Nuzila Fthia Lie (2022) Pengaruh media pembelajaran berbasis Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan oleh pendidik kepadap eserta didik untuk mengetahui bagaimana perkembangan ilmu dan capaian belajar pserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, pengaruh dan respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis flash pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan metode berjenis kuasi, dengan desain two-group pretest posttest, yang dimana sebanyak tiga puluh empat subjek pada masing-masing kelas XI MIPA 3 dan MIPA 4 SMAN 1 Rancah, dibagi menjadi dua kelas yakini kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen akan diberi perlakuan berupa penggunaan media pembelajaran berbasis flash yang nantinya diperhatikan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa tersebut pada materi usah dan energi. Hasil belajar didapatkan dari tes yang digunakan pada pretest dan posttest dan diklasifikasi peningkatannya dengan menggunakan N-Gain, selain itu pengaruh dapat didapatkan melalui hasil uji hipotesis dan effect size yang diperoleh, dan respon didapatkan dengan menggunakan angket respon. Penelitian ini medapatkan hasil berupa hasil belajar yang diperoleh yakini N-Gain yang diperoleh mendapatkan hasil sebesar 0.577 untuk kelas eksperimen, dan 0.230 untuk kelas kontrol, selain itu hasil uji hipotesis mendapatkan hasil Sig. sebesar 0.000 dan effect size sebesar 1.566 dengan interpretasi sangat tinggi, dan respon yang diberikan oleh peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran flash secara keseluruhan yaitu mendapatkan kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi, ADDIE;
Subjects: Use of Other Information Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Inda Nuzila Fathia Lie Nasihin
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:53
Last Modified: 12 Jan 2023 06:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63542

Actions (login required)

View Item View Item