Islamia, Aliffa Syifa (2022) Hubungan antara kegiatan bermain hand puppet dengan kemampuan kosa kata anak: Penelitian di kelompok B RA Atta'awun Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di RA Atta’awun, peneliti memandang telah terjadi kesenjangan antara tingginya kegiatan bermain hand puppet dengan rendahnya kemampuan kosa kata anak. Hal ini terlihat bahwa kegiatan bermain hand puppet pada dasarnya sudah memiliki keterampilan dalam menggerakan jari jemari dengan baik. Namun berbeda dengan kemampuan kosa kata, anak masih mengalami kesulitan dalam penguasaan pembendaharaan kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kegiatan bemain hand puppet; 2) kemampuan kosa kata anak; dan 3) hubungan antara kegiatan bermain hand puppet dengan kemampuan kosa kata anak usia dini. Tujuan penelitian ini mengacu pada teori yang berpendapat bahwa kemampuan kosa kata anak dapat dikembangkan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan kegiatan bermain hand puppet. Kegiatan bermain hand puppet ini dapat mengembangkan aspek bahasa. Berdasarkan asumsi teori tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, bahwa semakin tinggi kegiatan bermain hand puppet semakin tinggi pula kemampuan kosa kata anak, demikian pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Atta’awun Bandung yang berjumlah 20 orang. Peneliti ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Hasil analisis pada kegiatan bermain hand puppet diperoleh nilai rata- rata 69. Angka tersebut berada pada interval 60-69 dengan katagori cukup. Sedangkan, kemampuan kosa kata anak diperoleh nilai rata- rata sebesar 68. Angka tersebut berada pada interval 60-69 dengan katagori cukup. Hubungan antara kegiatan bermain hand puppet dengan kemampuan kosa kata anak diperoleh angka koefisien korelasi melalui rumus Spearman Rank sebesar 0,546. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada katagori cukup kuat karena berada pada interval 0,400-0,599. Hasil uji signifikansi diperoleh thitung = 2,767 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = 18 sebesar 2,101, karena thitung = 2,767 ≥ ttabel = 2,101. Artinya Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dengan kata lain, kegiatan bermain hand puppet memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan kosa kata anak. Selain itu, kegiatan bermain hand puppet memberikan kontribusi atau pengaruh terhadap kemampuan kosa kata anak di Kelompok B RA Atta’awun Bandung sebesar 29,81%. Sedangkan sisanya yaitu 70,19% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Bermain Hand Puppet; Kemampuan Kosa Kata; Anak Usia Dini |
Subjects: | Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Aliffa Syifa Islamia |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 06:21 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 06:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64004 |
Actions (login required)
View Item |