Faisal Ramadani, Muhamad (2017) Manajemen mutu kinerja pesantren Muadalah : Penelitian di Pondok Pesantren Hikamussalafiyah Babakan Ciwaringin Cirebon. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
Abstract
Pesantren mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.Kebanyakan masyarakat belum begitu mengenal pesantren mu’adalah.pesantren muadalah merupakan tipologi pesantren penyetaraan.Untuk menyandang status mu’adalah sebuah pesantren harus memenuhi persyaratan�persyaratan yang begitu ketat namun mudah dicapai melalui manajemen mutu kinerja. Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen mutu kinerja pesantren muadalah dalam rangka menjaga sekaligus meningkatkan mutu pendidikan dalam lemabaga pendidikan pesantren muadalah. Penelitian ini berangkat dari suatu kerangka teoritis “Prinsip-prinsip yang terkandung dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah sesuatu yang sudah menjadi tradisi di dunia pesantren termasuk pesantren mu’adalah. Demikian juga prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM) senantiasa diterapkan pesantren mu’adalah dalam mendidik santri-santrinya”. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dengan perpanjangan keikut sertaan , ketekunan pengamatan, analisis kecakapan negatif, kecukupan referensi, uraian rinci dan auditing. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1)pesantren hikamussalafiyah merupakan pesantren muadalah satu-satunya di babakan ciwaringin(2) sebuah pesantren harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang begitu ketat melalui mekanisme visitasi, evaluasi dan verifikasi. Status mu’adalah yang diberikan kepada pesantren berlaku selama empat tahun. Ketika masa berlakunya status tersebut habis, pesantren yang bersangkutan bisa mengajukan kembali. (3))Status mu’adalah yang diraih suatu pesantren merupakan indikator betapa pesantren tersebut benar-benar telah menerapkan prinsip-prinsip manajemen mutu kinerja secara ketat. Keuntungan yang diraih pesantren yang menyandang status mu’adalah adalah bahwa ijazah yang dikeluarkan oleh pesantren tersebut diakui oleh pemerintah. Selain itu, guru�guru/ustadz-ustadzahnya mendapatkan hak untuk mendapatkan tunjangan profesi dan/atau tunjangan fungsional. (4)untuk memaksimalkan perbaikan mutu terdiri dari 3 tahap yaitu supervisi, monitoring dan pelaporan (5)faktor kyai sangat mendukung keberhasilan manajemen mutu kinerja pesantren muadalah (6) Jika status pesantren mu’adalah ingin ditingkatkan dari mu’adalah/disetarakan menjadi sederajat dengan Madrasah Aliyah dan/atau SMA, maka klausul yang tertuang dalam PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 93 (ayat 1-3) inilah yang lebih tepat dijadikan dasar untuk menerbitkan Peraturan Menteri Agama sebagai ganti Surat Keputusaan Dirjen Pendis(Pendidikan Islam).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Mutu; Kinerja; Pesantren Muadalah |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | siswa pkl 1 |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 03:45 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 03:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64234 |
Actions (login required)
View Item |